Web Analytics Made Easy -
StatCounter

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR

Autor(s): Sri Hartati Ningsih, Wiwik Sulistyaningsih, Suryani Hardjo
DOI: 10.31289/analitika.v6i2.829

Abstract

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dan dukungan orangtua dengan prestasi belajar. Populasi penelitian adalah siswa/i SMP Negeri V Stabat. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yang kemudian menjaring 62 orang siswa kelas VIII SMP Negeri V Stabat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisa dokumentasi berupa nilai rapor, tes SPM untuk memperoleh data tentang kecerdasan,  skala kebiasaan belajar, dan skala dukungan orangtua. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisa regresi berganda. Analisa data menunjukkan hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dan dukungan orangtua dengan prestasi belajar. Total sumbangan efektif dari variabel kebiasaan belajar dan dukungan orangtua terhadap prestasi belajar adalah sebesar 66,4%.

Keywords

prestasi belajar; kebiasaan belajar; dukungan orangtua

Full Text:

PDF

References

Ahmad Hamid. (2003). Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FKIP UNSYIAH. Jurnal Ekonomi Universitas Syiah Kuala. Vol. 10, No.1.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Djiwandono, S. E. W. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Grasindo.

Effendi, K. (2004). Hubungan antara Konsep Diri dan Dukungan Orangtua dengan Prestasi Belajar pada Siswa SD Muhammadiyah di Kotamadya Yogyakarta. Tesis. Pascasarjana Universitas Gadja Mada.

Gie, L.T. (2000.) Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa. Edisi ke 2. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

----------. (2002). Cara Belajar yang Efisien. Jilid I Edisi Ke 5. Yogyakarta : PUBIB (Pusat Belajar Ilmu Berguna).

Haapasalo, WR, and Tremblay. (1994). Social Relationship and Motivasional in Middle School : The Role of Parents, Teachers, and Peers. Journal of Educational Psychology. 90: 202-209.

Purwanto, M., Ngalim. (1995). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Remaja Karya.

Santrock, J.W. (2003). Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga.

Sarafino. (2002). Healthy Psychology : Biopsychosocial Interaction. Fifth Edition.

Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : P.T. Raja Grafindo Persada.

Shochib, Moh. (1998). Pola Asuh Orangtua : Dalam Membantu Anak Mengembangkan Displin Diri. Jakarta : Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.