Web Analytics Made Easy -
StatCounter

HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN MOTIVASI MENYELESAIKAN STUDI

Autor(s): Monika Nina K. Ginting, Azhar Azis
DOI: 10.31289/analitika.v6i2.849

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dan lingkungan belajar dengan motivasi menyelesaikan studi.Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa/i program pascasarjana di Universitas Medan Area yang telah menikah. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan skala psikologis yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori yang relevan. Ketiga skala tersebut adalah skala lingkungan belajar, skala manajemen waktu, dan skala motivasi menyelesaikan studi. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor.Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara lingkungan belajar dan manajemen waktu dengan motivasi menyelesaikan studi pada mahasiswa pascasarjana Universitas Medan Area yang berstatus telah menikah. Bobot sumbangan dari variabel lingkungan belajar dan manajemen waktu terhadapmotivasi menyelesaikan studi adalah sebesar 70,4%. Namun kenyataan di lapangan, para mahasiswa pascasarjana Universitas Medan Area yang berstatus telah menikah memiliki lingkungan belajar, manajemen waktu, dan motivasi menyelesaikan studi yang berada di kategori kurang baik.

Keywords

lingkungan belajar; manajemen waktu; motivasi menyelesaikan studi

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, Abu. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu dan Widodo, Supriyono.(2004). Psikologi Belajar. Jakarta: RinekaCipta.

Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur.(2007). Teori Belajar dan Pembelajaran.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hurlock, E.B. (1994). Developmental Psychology: A life-span Approach. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Ltd.

Nilawati, Levi. (2010). Pengaruh Motivasi pada Kinerja Belajar. Jurnal Manajemen Bisnis.Vol3, No3. Jakarta.

Purwanto, M. Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung :RemajaRosdakarya.

Slameto.(2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara.

Timpe, D. (1991). Mengelola Waktu:Seri Ilmu dan Seni Manajemen Bisnis. Jakarta: PT Gramedia.

Winardi,J. (200)1. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Zainuddin, M dan Muhammad Walid.(2009). Pedoman Penulisan Skripsi. Malang:Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.