Hubungan Konsep Diri Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Interaksi Sosial Mahasiswa


Selamat Pasaribu(1*),


(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan melihat hubungan konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan interaksi sosial mahasiswa UIN Sumatera Utara. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan PBI FITK UINSU berjumlah 480 orang. Sampel berjumlah 120 orang yang dipilih dengan menggunakan proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 39,94% responden memiliki konsep diri yang tergolong di bawah rata-rata. Sementara itu, sebanyak sebesar 45% responden memiliki skor dukungan sosial teman sebaya yang tergolong di atas rata-rata. Selanjutnya diketahui bahwa sebanyak 46,67% responden memiliki skorinteraksi sosial yang berada di atas rata-rata. Besarnya hubungan variabel dukungan sosial dengan interaksi sosial mahasiswa jurusan PBI FITK UINSU adalah sebesar 17,8%. Besarnya hubungan konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya secara bersama-sama terhadap interaksi sosial mahasiswa jurusan PBI FITK UINSU adalah sebesar 21,3%. 


Full Text:

PDF

References


Afiatin dan Andayani. (1998). Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Penganggur Melalui Kelompok Dukungan Sosial. Jurnal Psikologi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Ayu, Retno. A. (2013). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dari Teman Sebaya Dengan Problem Solving Pada Remaja. Jurnal Psikologi. Fakultas Psikologi. Universitas Gunadarma. Jakarta

Burns, R. B. (1979). Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku. Terjemahan oleh Eddy. Jakarta: Arcan.

Dayakisni & Hudaniah. 2009. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Hurlock, E. B. (1976). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan oleh Med. Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasih. Jakarta : Erlangga.

Izzaty, Rita E. (2013). Penerimaan Teman Sebaya Sebagai Indikator Kemampuan Penyesuaian Diri: Arti Penting Pengembangan Karakter Sejak Usia Dini. Jurnal Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Kartono, K. (1996). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.

Miftahurrizky, A. (2013). Hubungan Interaksi Sosial Siswa dengan Sikap Terhadap Pembelajaran. Tesis tidak diterbitkan. Barung: Program Studi Pendidikan Ilmu Sosial Politik Universitas Padjajaran Bandung, (Online), http//www.Azizmiftahurrizky. blogspot.com., diakses 11 Juli 2013.

Santrock, W. J. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Terjemahan oleh Shinto B. Adelar & Sherly Saragih. Jakarta : Erlangga.

Surya, H. (2007). Percaya Diri itu Penting : Peran Orangtua dalam Menumbuhkan Percaya Diri Anak. Jakarta : Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v8i1.863

Article Metrics

Abstract view : 274 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Pascasarjana Magister Psikologi, Universitas Medan Area

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License