GAYA KEPEMIMPINAN YANG DIJEMBATANI KOMITMEN ORGANISASI DALAM UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA KANTOR CABANG BRI MEDAN – GATOT SUBROTO)

Teguh Setiawan, Ilham Mubaraq Ritonga

Abstract


Fenomena yang ada, sejak dibuka dan beroperasi sampai ha
ri  ini,  perolehan  laba di  setiap  unit  kantor  cabang  BRI Medan  –  Gatot  Subroto  banyak mengalami peningkatan. Hampir keseluruhan di kantor unit mampu memperoleh laba yang baik dan menambah   jumlah   nasabah   serta   menjalani   persaingan   bahkan   membuka   unit-unit   lain diwilayahnya. Obyek penelitian dilakukan di tiga belas kantor unit BRI Kantor Cabang Medan - Gatot Subroto. Dalam sistem manajemen, kantor unit BRI memiliki unit kerja seperti mantri, teller dan deskman yang dipimpin oleh Kepala Unit (Ka. Unit) dan Supervisor.
Peran kepemimpinan sangat strategis dan penting dalam sebuah organisasi sebagai salah satu penentu keberhasilan dalam pencapaian misi, visi dan tujuan suatu organisasi. Maka dari itu peran kepemimpinan  sangat  penting  dalam  meningkatkan  kepuasan  kerja  dan  kinerja  karyawan. Pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang mengakui kekuatan-kekuatan penting yang terkandung dalam individu.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan yang dijembatani oleh komitmen organisasi. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa hampir seluruh indikator dari variabel konstruk eksogen  dan  endogen  perlu  dicermati  dan  dijalankan  guna  mencapai  hasil  yang  baik  dalam
membangun kepuasan dan kinerja karyawan



Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31289/jkbm.v3i2.358

DOI (PDF): https://doi.org/10.31289/jkbm.v3i2.358.g298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.