Evaluasi Fitur Tracking pada Pengalaman Pelanggan di Bisnis Reparasi Smartphone

Authors

  • Adittia Fathah STIMIK LIKMI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31289/jkbm.v9i1.8432

Keywords:

Customer Experience, Evaluation, Tracking, Likert Scale

Abstract

The aim of this research is to evaluate the tracking feature on customer experience using cell phone repair services. This research uses explanatory research method. The research sample taking method is the quota sampling method, namely 196 students at Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung. Data collection was carried out by distributing questionnaires through the Google Form. The rating scale used is Likert. The data that has been collected is tested for its validity and reliability. The application used for data testing and visualization is Microsoft Excel. The results of data processing show that the resulting percentage value is between 80-100%. These results show consumers "Strongly Agree" that tracking services in the smartphone repair business are needed. The tracking feature can provide benefits and added value to the smartphone repair business so that it can provide a positive experience for consumers. With this research, it is hoped that every cellphone repair business will provide a tracking feature, so consumers can get information about their smartphone when it is repaired.

References

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188.

Amalia, R. F., & Hamid, A. Y. S. (2020). Adiksi smartphone, kesehatan mental anak, dan peranan pola asuh. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 221-240.

Anggraini, D., Mahendra, A., & Hutabarat, F. A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Rh Interior. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(2), 240-245.

Aswar, A., & Erviana, E. (2020). Hubungan Smartphone Dengan Kualitas Tidur Remaja Di Sma Negeri 2 Majene. Journal of Islamic Nursing, 5(2), 95-100

Aulia, D. S. (2019). Faktor–faktor yang mempengaruhi adiksi smartphone pada remaja (Bachelor's thesis, Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Aziz, A. (2019). No Mobile Phone Phobia dikalangan Mahasiswa Pascasarjana. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24042/kons.v6i1.3864.

Dewantoro, D., Aryani, L., & Marzuki, F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman dan Fasilitas Tracking Sistem Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE. Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) (Vol. 1, pp. 278-293).

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020.

Dewi, N. L., Muttaqin, A. I., & Muftiyah, A. (2019). Implementasi Strategi Information Search dengan Memaksimalkan Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran PAI Kelas X MIPA 1 DI SMA Negeri 1 Genteng Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 171-186.

Dotoreke, H. S., & Tulung, L. E. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Siswa Sma Negeri 1 Manado. Acta Diurna Komunikasi, 4(4).

Eviani, I., & Hidayat, Y. R. (2021). Pengaruh Sistem Pelacakan Online dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus J&T Express Kota Baru Bekasi). Jurnal Manajemen Logistik, 1(1), 11-19.

Fajri, D., & Ma’ruf, J. J. (2018). Pengaruh Social media Marketing Dan Promosi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Pengalaman Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Pada Maskapai Penerbangan Airasia di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(3), 33-48.

Garika & Darmanan. (2019). Metodologi Penelitian. Lampung : CV. Hira Tech.

Goodstat.id. (2022). Mengulik Perkembangan Penggunaan Smartphone di Indonesia. https://goodstats.id/article/mengulik-perkembangan-penggunaan-smartphone-di-indonesia-sT2LA. Tanggal 16 Nopember 2022

Hasanah, U., Hijrianti, U. R., & Iswinarti, I. (2020). Pengaruh smartphone addiction terhadap perilaku agresif pada remaja. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 15(2), 182-191.

Hendrawan, S. (2021). Penerapan Low Cost Leadership untuk meningkatkan daya saing pada tarif rawat inap Rumah Sakit Unggul Karsa Medika, Bandung.

Hitung, Rumus. (2013).Tabel R dan Cara Membacanya. https://rumushitung.com/2013/06/08/tabel-r-statistika-dan-cara-membacanya/ tanggal 16 Nopember 2022

Hutahaean, L. B. (2022). Pengaruh Pengalaman Pelanggan Terhadap Niat Menggunakan Kembali Aplikasi Grabbike Dikota Medan.

Ismail, T., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 413-423.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS.

Januarista, D. (2020). Pengaruh Ikatan Emosi, Kepercayaan, Kemudahan Dan Pengalaman Terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Implementasi Customer Relationship Management Di Bri Syariah Tulungagung.

Karina, A. (2020). Pengaruh Pengalaman Pelanggan dan Manfaat yang dirasakan oleh Nasabah Bank Syariah Mandiri Terhadap Niat Menggunakan Internet Banking di Surabaya dan Gresik (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).

Kurniasih, N. (2022). Pengaruh Sistem Pelacakan Berbasis Website, Kualitas Layanan Logistik Dan Penanganan Komplain Terhadap Kepuasan Pelanggan:(Studi Pada JNE Di Kabupaten Majalengka). J-Aksi: Jurnal Akuntansi Dan Sistem Informasi, 3(2), 341-346.

Mulyati, T., & NRH, F. (2019). Kecanduan Smartphone Ditinjau Dari Kontrol Diri Dan Jenis Kelamin Pada Siswa Sma Mardisiswa Semarang. Jurnal EMPATI, 7(4), 1307-1316. https://doi.org/10.14710/empati.2018.23438

Nirawati, L., Pratiwi, A. D., Mutiahana, A., & Afida, E. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Pengalaman Pelanggan (Customer Experience) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Syntax Transformation, 1(9), 624-631.

Nurningtyas, F., & Ayriza, Y. (2021). Pengaruh kontrol diri terhadap intensitas penggunaan smartphone pada remaja. Acta Psychologia, 3(1), 14-20.

Paridawati, I., Daulay, M. I., & Amalia, R. (2021). Persepsi Orangtua Terhadap Penggunaan Smartphone pada Anak Usia Dini di Desa Indrasakti Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Journal on Teacher Education, 2(2), 28-34.

Purbaya, B. (2021). Sistem Informasi Tracking Untuk Meningkatkan Pelayanan Jasa Perbaikan Handphone Berbasis Android Webview. Indonesian Journal of Informatics and Research, 2(2), 33-44.

Rahayu, S., & Faulina, S. T. (2022). Pengaruh Digital Customer Experience dalam Menciptakan Customer Satisfaction dan Customer Loyality di Era Digital. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(1), 1-13.

Rahayuningrum, D. C., & Sary, A. N. (2019). Studi Tingkat Kecemasan Remaja Terhadap NoMobile Phone (Nomophobia). Jurnal Jurnal Diversita, 7 (1) Juni 2021: 21-29. 29 Keperawatan BSI, 7(1), 49–55. http://jurnal.ensiklopediaku.org

Ramaita, R., Armaita, A., & Vandelis, P. (2019). Hubungan ketergantungan smartphone dengan kecemasan (nomophobia). Jurnal Kesehatan, 10(2), 289846.

Retalia, Tritjahjo D. Soesilo, S. I. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja , tritjahjo.danny@uksw.edu2 , sapto.irawan@uksw.edu3. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 139–149. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/4665-Article Text-28153-1-10-20220527.pdf

Robinnete, S., & C. Brand. (2008). Emoticon marketing. US : McGrow Hill

Rumapea, Andi. 2010. Order, Kamus Lengkap. Jakarta: Erlangga

Sobari, H., Saeful Zaman, J., & Rahmatunnisa, W. (2022). Daya Beli Kaitannya dengan Keputusan Pembelian Smartphone Pada Agung Cellular Ciawi Di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL EKONOMI PERJUANGAN, 4(1), 21–31. https://doi.org/10.36423/jumper.v4i1.957

Sandriani, S., Garna, H., & Rachmiatie, A. (2018). Pengaruh Kepemilikan Smartphone Oleh Anak Usia Dini Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Psikososial Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Kesehatan: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Kebidanan, Farmasi Dan Analis Kesehatan, Sekolah Tinggi Kesehatan Muhammadiyah Ciamis, 5(2), 80-90.

Saragih, S. A., & Abidin, F. A. (2022). Translation and adaptation of child and adolescent mindfulness measurement into Bahasa version. International Journal of Public Health, 11(3), 998-1007.

Sasmitha, N. P. S. V. Y., Junaedi, I. W. R., & Mertayasa, I. G. A. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen di Bhineka Muda Merdeka Denpasar. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 2(3), 155-163.

Simanjuntak, M. B., Lustyantie, N., & Iskandar, I. (2022). Pembelajaran Berbasis Telegram Group dan Microsoft Team di Kelas Bahasa Inggris (Penilaian berbasis Persepsi Siswa). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11114-11119.

Setiawan. Wahyu, (2019). Skala Likert? Ini Penjelasan Lengkap dan Cara Menganalisanya. Diunduh di https://akuntanmuslim.com/skala-likert/ tanggal 17 Nopember 2022

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1).

Sobari, H., Saeful Zaman, J., & Rahmatunnisa, W. (2022). Daya Beli Kaitannya dengan Keputusan Pembelian Smartphone Pada Agung Cellular Ciawi Di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL EKONOMI PERJUANGAN, 4(1), 21–31. https://doi.org/10.36423/jumper.v4i1.957

Sonang, S., Purba, A. T., & Pardede, F. O. I. (2019). Pengelompokan Jumlah Penduduk Berdasarkan Kategori Usia dengan Metode K-Means. Jurnal Tekinkom (Teknik Informasi dan Komputer), 2(2), 166-172.

Suasapha, A. H. (2020). Skala Likert Untuk Penelitian Pariwisata; Beberapa Catatan Untuk Menyusunnya Dengan Baik. Jurnal Kepariwisataan, 19(1), 29–40. https://doi.org/10.52352/jpar.v19i1.407

Sarmigi, E. (2020). Analisis pengaruh Covid-19 terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Kerinci. Al-Dzahab: Journal of Economic, Management and Business, & Accounting, 1(1), 1-17.

Utami, A. N., & Kurniawati, F. (2019). Dampak negatif adiksi penggunaan smartphone terhadap aspek-aspek akademik personal remaja. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33 (1), 1–14.

Wati, W. R., Arifin, R., & ABS, M. K. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan E-Tracking, Ketepatan Waktu Pengiriman, Harga, Dan Fasilitas Web Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Tengah Wabah Covid 19 (Studi Kasus Pada Pengguna J&T Express Mayjen Panjaitan Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(10)

Widyastuti, D. A., & Muyana, S. (2018). Potret Nomophobia (No Mobile Phone Phobia) di Kalangan Remaja. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 62–71. https://doi.org/10.26638/jfk.513.2099

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Downloads

Published

2022-11-30