Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Prima Indonesia
Authors
Nurmaizar SiregarDOI:
10.31289/diversita.v3i1.1178Published:
2017-12-19Issue:
Vol. 3 No. 1 (2017): Diversita JuniKeywords:
Motivasi Akademik, Prestasi Akademik, MahasiswaArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara motivasi akademik dan prestasi akademik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara motivasi akademik dan prestasi akademik, dengan asumsi bahwa semakin tinggi motivasi akademik semakin tinggi prestasi akademik seseorang akan, atau sebaliknya. Subjek penelitian adalah 51 mahasiswa semester IV tahun 2012/2013 Fakultas Psikologi Universitas Prima Indonesia yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan skala untuk mengukur motivasi akademik dan dokumentasi nilai rata-rata kelas siswa (IPK). Perhitungan statistik dilakukan dengan uji prasyarat (assumption test) yang terdiri dari uji normalitas dan pengujian hubungan linieritas. Analisis data menggunakan korelasi Parsial dengan program SPSS untuk Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien korelasi 0,844 dengan p value 0,0001 (p <0,05). Hal ini mengindikasikan adanya korelasi positif antara motivasi akademik dan prestasi akademik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kontribusi variabel motivasi akademik terhadap prestasi akademik sebesar 71,5 persen dan sisanya 28,5 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan positif antara variabel motivasi akademik dan prestasi akademik dapat diterimaReferences
Alam, Syamsir & Hadibroto, I. 2008. Vitahealth. Gagal Ginjal. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Abdalla, S. E. 2006. Validities of the Standard Progressive Matrices (SPM) Test Against IQ and Achievement Tests (A Meta-analysis Study). Skripsi: Tidak diterbitkan.
Ahmadi, A., Supriyono, W. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian - Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azwar, S. 2009. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. 2010. Dasar-dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. 2011. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Berger, K.S. 2008. The Developing Person through the Life Span (7th Edition). New York: Worth Publishers.
Burger J.M. 2011. Personality. Belmont: Wadsworth, Cengage Learning.
Coon, D., Mitterer, J.O. 2011. Psychology - A Journey. Belmont: Wadsworth, Cengage Learning.
Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Febrianela, R.B. 2013. Self Regulated Learning (SRL) dengan Prestasi Akademik Siswa Akselerasi. Jurnal Online Psikologi. (1). 202-215.
Guay, F., Ratelle, C.F., Roy, A., Litalien, D. 2010. Academic self-concept, Autonomous Academic Motivation, and Academic Achievement: Mediating and Additive Effects. Journal of Learning and Individual Differences. (2). 644-653.
Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jahja, Y. 2011.Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada media.
Johnson, T.G., Prusak, K.A., Pennington, T., Wilkinson, C. 2011. The Effects of the Type of Skill Test, Choice, and Gender on the Situational Motivation of Physical Education Students. Journal of Teaching in Physical Education. (3). 281-295.
Kalat, J.W. 2008. Introduction to Psychology (9th Edition). Belmont: Wadsworth, Cengage Learning.
Larson. E.J. 2009. Educational Psychology: Cognition and Learning, Individual Differences and Motivation. New York: Nova Science Publishers, Inc.
Makmun, A. S. 2002. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maltby, J., Day, L., Macaskill, A. 2010 Personality,Individual Differences and Intelligence. England: Pearson Education Ltd.
Myers. D.G. 2010. Social Psychology (10th Edition). New York: McGraw-Hill.
Myers, D.G. 2010. Psychology in Modules (9th Edition). New York: Worth Publishers.
Myers, D.G. 2011. Exploring Psychology (8th Edition). Belmont: Wadsworth, Cengage Learning.
National Center for Education Statistics. 2012. Income of Young Adults. Diakses dari http://nces.ed.gov/fastfacts/display.asp?id=77 tanggal 21 February 2013.
Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Pastorino, E. Portillo, S.D. 2012.What Is Psychology? Belmont: Wadsworth Cengage Learning.
Santrock, J.W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.
Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice (8th Edition). Boston: Pearson Education, Inc.
Sobur, A. 2011. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Soemanto, W. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Steinmayr, R., Spinat, B. 2009. The Importance of Motivation as a Predictor of School Achievement. Journal of Learning and Individual Differences. (19). 80-90.
Sugihartono, Fathiyah, K.N., Harahap, F., Setiawati, F.A., Nurhayati, S.R. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatf dan R&D) Bandung: Alfabeta.
Sugiyanto. 2009. Pentingnya Motivasi Berprestasi dalam Mencapai Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.
Sukmadinata, N.S. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryani, A.O. 2005. Uji Psikometri Alat Tes Potensi Akademik Pada Seleksi Mahasiswa Baru Universitas Atma Jaya. Jurnal Psikologi. (16). 86-103.
Suryani, Y. E. 2011. Prestasi akademik Ditinjau dari Self-regulated Learning dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten. Jurnal Magistra. (78). 20-37.
Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Turner, E.A., Chandler, M., Heffer, R.W. 2009. The Influence of Parenting Styles, Achievement Motivation, and Self-Efficacy on Academic Performance in College Students. Journal of College Student Development. (50). 337-346.
Widayanto, A. 2012. Pengaruh Motivasi Berprestasi, Intelegensi Quotient, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Olimpiade Sains di SMA Negeri 1Banntul Tahun Ajaran 2011/2012. Prosiding. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Wijono, S. 2010. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Author Biography
Nurmaizar Siregar, Universitas Medan Area
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).