Pengaruh Achievement Goal Orientation terhadap Prokrastinasi pada Mahasiswa Tingkat Awal dan Mahasiswa Tingkat Akhir
Authors
Harnadia Firsya Difa , Meilani SandjajaDOI:
10.31289/diversita.v9i2.9314Published:
2023-12-25Issue:
Vol. 9 No. 2 (2023): JURNAL DIVERSITA DESEMBERKeywords:
Achievement Goal Orientation, Mahasiswa Tingkat Awal, Mahasiswa Tingkat Akhir, ProkrastinasiArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Abstract
Kewajiban mahasiswa adalah menyelesaikan tugas-tugas. Namun banyak ditemukan mahasiswa melakukan prokrastinasi dalam menyelesaikan tugas jika dilakukan secara terus menerus dapat merugikan mahasiswa seperti menurunnya ipk dan terhambat untuk mencapai tujuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan dengan desain regresi linear karena peneliti ingin mengetahui pengaruh achievement goal orientation terhadap prokrastinasi pada mahasiswa tingkat awal dan akhir. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat awal dan mahasiswa tingkat akhir. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 133 mahasiswa dengan 67 mahasiswa tingkat akhir dan 66 mahasiswa tingkat awal. Penelitian ini menunjukkan bahwa achievement goal orientationberpengaruh secara signifikan terhadap prokrastinasi pada mahasiswa tingkat awal dan mahasiswa tingkat akhir. Namun terdapat perbedaan besaran pengaruh achievement goal orientation terhadap prokrastinasi mahasiswa tingkat awal dan juga mahasiswa tingkat akhir. Dalam penelitian ini achievement goal orientationmemberikan pengaruh yang lebih rendah terhadap prokrastinasi mahasiswa tingkat akhir dibandingkan mahasiswa tingkat awal dikarenakan terdapat faktor lain yang mempengaruhi prokrastinasi selain achievement goal orientationReferences
Arumsari, A. D., & Muzaqi, S. (2016). Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Bekerja. E Jurnal Spirit Pro Patria, 2(2).
Asmawan, A. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 51–57
Aziz, A., & Rahardjo, P. (2013). Faktor-faktor Prokrastinasi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Menyusun Skripsi di Universitas Muhammadiyah Purwekerto Tahun Akademik 2011/2012Psycho Idea, 12(1).
Barabanshchikova, V. V., Boyarinov, D. M., Sultanova, F. R., & Ognyannikova, E. I. (2019). Academic Procrastination in Students at Different Age. The European Proceedings of Social and Behavioural Sciences, 43, 318–328.
Burka, J., & Yuen, L. M. (2008). Procrastination: Why You Do It, What to Do About It Now (2nd ed.). Da Capo Lifelong Books.
Conroy, D. E., & Elliot, A. J. (2004). Fear of Failure and Achievement Goals in Sport: Addressing the Issue of the Chicken and the egg. Anxiety, Stress & Coping, 17(3), 271–285.
Dluha, M. S., & Solicha, S. (2019). Pengaruh Perfeksionisme, Achievement Goal Orientation dan Jenis Kelamin terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. TAZKIYA: Journal of Psychology, 6(1), 53–68.
Elliot, A. J., & McGregor, H. A. (2001). A 2 × 2 Achievement Goal Framework. Journal of Personality and Social Psychology, 80(3), 501–519.
Fatimaullah, Jahada, & Silondae, S. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik terhadap Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Halu Oleo Kendari, Jurnal Ilmiah Bening (Belajar Bimbingan Dan Konseling),
Fauziah, H. H. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123–132.
Ganesan, R. S., Mamat, N. H. B., Mellor, D., Rizzuto, L., & Kolar, C. (2014). Procrastination and The 2 x 2 Achievement Goal Framework in Malaysian Undergraduate Students. Psychology in the Schools, 51(5), 506–516.
Howell, A. J., & Buro, K. (2009). Implicit Beliefs, Achievement Goals, and Procrastination: A Mediational Analysis. Learning and Individual Differences, 19(1), 151–154.
Howell, A. J., & Watson, D. C. (2007). Procrastination: Associations with Achievement Goal Orientation and Learning Strategies. Personality and Individual Differences, 43(1), 167–178.
Jannah, M. (2014). Prokrastinasi Akademik (Perilaku Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya)
Jowkar, B., Kojuri, J., Kohoulat, N., & Hayat, A. A. (2014). Academic Resilience in Education: The Role of Achievement Goal Orientations. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 2(1), 33–38.
Khoirunnisa, A., & Ratnaningsih, I. Z. (2017). Optimisme dan Kesejahteraan Psikologi pada Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.Jurnal EMPATI, 5(1), 1–4.
Lee, S. Y., & Hall, N. C. (2020b). Understanding Procrastination in First-Year Undergraduates: An Application of Attribution Theory. Social Sciences, 9(8), 136.
Lubis, I. S. L. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Diversita, 4(2), 90.
Mudjiran, M., & Mujahidah, A. (2019). Hubungan antara Ketakutan Akan Kegagalan dengan Prokrastinasi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Riset Psikologi, 2(2019).
Nugroho, I. H. (2018). Perbedaan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa tingkat awal dan Tingkat Akhir. Skripsi Universitas Brawijaya.
Nur Wangid, M. (2014). Prokrastinasi Akademik: Perilaku yang harus dihilangkan. TAZKIYA: Journal of Psychology, 2(2), 235–248.
Oematan, C. S. (2013). Hubungan antara Prokrastinasi Akademik dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi – Universitas Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1–7.
Prabowo, M. A., & Setiyani, R. (2019). Pengaruh Goal Orientation dan Lingkungan Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa dengan Prestasi Akademik sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 866–1285.
Rohmaniyah, A. (2018). Hubungan antara Self Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Anggota BEM Universitas x. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 5(2), 16.
Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2017). Self Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal EMPATI, 5(1), 44–49.
Saraswati, P. (2017). Strategi Self Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik terhadap Prestasi Akademik. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(3), 210–223.
Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503–509.
Sri Hadriana. (2019, March 12). “Soal 77% Mahasiswa Mengakui Prokrastinasi Akademik, Ini Solusi dari Ketua Konseling Unhas.” Identitas Unhas. Retrieved June 23, 2022, from https://identitasunhas.com/soal-77-mahasiswa-mengakui-prokrastinasi-akademik-ini-solusi-dari-ketua-konseling-unhas/
Steel, P. (2007). The Nature of Procrastination: A Meta-analytic and Theoretical Review of Quintessential Self-Regulatory Failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94.
Suhadianto, S., & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak dan Strategi untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 204.
Yusuf, A. E. (2014). Dampak Motivasi terhadap Peningkatan Kinerja Individu. Humaniora, 5(1), 494.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).