Tanggung Jawab Pelaku Usaha Pengelola Parkir Terhadap Kehilangan Kendaraan


Muhammad Iqbal(1), Hasnati Hasnati(2), Indra Afrita(3),


(1) Universitas Lancang Kuning
(2) Universitas Lancang Kuning
(3) Universitas Lancang Kuning

Abstract


Tanggung jawab pelaku usaha secara jelas telah diatur dalam Bab VI Pasal 19 sampai dengan Pasal 28 Undan-undang Perlindungan Konsumen. Tujuan penelitian ini adalah Tanggung Jawab Pelaku Usaha Pengelola Parkir Terhadap Kehilangan Kendaraan dan Akibat Hukum Dari Tanggung Jawab Pelaku Usaha Pengelola Parkir Terhadap Kehilangan Kendaraan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Hukum Normatif. Hasil penelitian tanggung jawab pelaku usaha pengelola parkir terhadap kehilangan kendaraan bahwa tanggung jawab pelaku usaha parkir terhadap kehilangan barang yang terdapat di dalam kendaraan konsumen yaitu menjadi tanggung jawab pengelola parkir, karena tanggung jawab pengelola parkir sebagai pihak penerima titipan adalah memelihara obyek titipan sebagaimana memelihara kepunyaan sendiri serta harus mengembalikan dalam wujud asalnya. Sehingga kehilangan barang yang terdapat di dalam kendaraan konsumen tetap menjadi tanggung jawab pengelola parkir. Akibat hukum tanggung jawab pelaku usaha pengelola parkir terhadap kehilangan kendaraan bahwa pelaku usaha bertanggungjawab dalam memberikan ganti kerugian atas terjadinya kerusakan, pencemaran dan memberikan ganti kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang dan/atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan. Berdasarkan penjelasan tersebut maka konsumen pengguna jasa parkir apabila terjadi kehilangan ataupun kerugian berhak untuk menuntut kepada pihak pengelola parkir.


Keywords


Tanggungjawab, Pelaku Usaha, Parkir

Full Text:

PDF

References


Abdurrasyid, Priyatna, Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa Suatu Pengantar, Jakarta: PT Fikahati Aneska dan Badan Arbitrase Nasional Indonesia, 2002.

Adi Nugroho, Susanti, Proses Penyelesaian Senketa Konsumen Ditinjau dari Hukum Acara serta Kendala implementasinya, Cetakan Pertama, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

AZ Nasution, Hukum Perlindungan Konsumen,Cetakan Kedua, Jakarta: Diapit Media, 2002.

AX Nasution, Hukum Perlindungan Konsumen Suatu Pengantar, Jakarta: Diadit Media, 2007.

C.S.T. Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Pengantar Ilmu Hukum Indonesia, Jakarta: :Pradnya Paramitha, 2010.

David M. L. Tobing, Hukum Perlindungan Konsumen dan Parkir, Jakarta: Timpani, 2007.

Diana Trantri C,Hukum Kontrak, Yogyakarta: Mandar Maju, 2006.

Harahap, M. Yahya, Hukum Acara Perdata tentang Gugatan, Persidangan, Penyitaan, Pembuktian, dan Putusan Pengadilan, Jakarta: Sinar Grafika, 2006.

Janus Sidabalok, Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 2014.

J Satrio, Hukum Perikatan (Perikatan Pada Umumnya), Bandung: Alumni, 1999.

L.J.Van Apeldoorn, Pengantar Ilmu Hukum, Jakarta: Pradnya Paramita, 2004.

M.A. Moegini Djojodirjo, Perbuatan Melawan Hukum, Cetakan Pertama Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Mr J.H. Nieuwenhuis, terjemahan Djasadin Saragih, Pokok- pokok Hukum Perikatan, Surabaya: Airlangga University Press, 1985.

Munir Fuady, Hukum Kontrak (Dari Sudut Pandang Hukum Bisnis),Bandung: Citra Aditya Bakti, 2010.

Munir Fuady, Perbuatan Melawan Hukum,Cetakan Kesatu, Bandung: Citra Aditya Bakti, 2002.

Pedoman Penulisan Tesis Program Magister Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Lancang Kuning Tahun 2019.

R Setiawan, Pokok- pokok Hukum Perikatan, Bandung: Bina Cipta, 1977.

Ridwan Khairandy, Itikad Baik Dalam Kebebasan Berkontrak, Jakarta: Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011.

Subekti, Pokok-Pokok Hukum Perdata, Jakarta: PT. Intermasa, Cet.XXVIII, 1996.

Sudikno Mertokusumo, Penemuan Hukum, Yogyakarta : Liberty, 2004.

Suhendro, Tumpang Tindih Pemahaman Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum Dalam Wacana Akademik dan Praktik Yudisial, Cetakan Pertama, Desember 2014, FH UII Press.

Sutan Remy Sjahdeini, Kebebasan Berkontrak Dan Perlindungan Yang Seimbang Bagi Para Pihak Dalam Perjanjian Kredit Bank Di Indonesia, Jakarta :Institut Bankir Indonesia (IBI), 2013.

Masyita Mustika Sariyani, Penyelesaian Sengketa Konsumen Jasa Parkir Kendaraan Bermotor (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 2157 K/Pdt/2010), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2020.

Rindung Bulan, Perlindungan Hukum Konsumen Jasa Parkir Kendaraan Mobil, Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 458 K/Pdt.Sus-BPSK/2017, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.

Wan Risti Sonia, Perlindungan Konsumen Bagi Pengguna Jasa Parkir Di Tanjungpinang City Center, pada Universitas Maritim Raja Ali Haji Tahun 2019.

Kade Ari Dwi Putra, Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Parkir Dalam Hal Terjadi Kehilangan Di Area Parkir Lapangan Renon Kota Denpasar, Fakultas Hukum Universitas Warmadewa Denpasar Tahun 2020.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 65 Tahun 1993

Perda No. 14 Tahun 2001 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perparkiran




DOI: https://doi.org/10.31289/doktrina.v5i1.6032

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License