PERANCANGAN STUDIO ANIMASI DI PEKANBARU DENGAN PENDEKATAN PRINSIP DESAIN NORMAN FOSTER


lintang pangesti(1), Muhd Arief Al Husaini(2), Gun Faisal(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau

Abstract


Berkembangnya Industri kreatif terutama pada bidang animasi semakin banyak dan semakin meluas. Penggunaan animasi kini telah mencangkup ke seluruh bidang, mulai dari dunia hiburan, pendidikan, dan kini animasi juga banyak dipakai dalam dunia bisnis sebagai media untuk mempromosikan barang dan jasanya. Perkembangan minat masyarakat Pekanbaru terhadap dunia animasi belum terlalu dapat dilihat. Untuk dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap animasi maka dibutuhkanlah sebuah wadah yang dapat menampung keahlian serta kreativitas animator untuk bekerja sesuai dengan bidang yang dikuasainya yaitu animasi. Perancangan Studio Animasi ini berada di kota Pekanbaru ini berfungsi sebagai rumah produksidan kantor. Metode prinsip desain Norman Foster merupakan pendekatan yang digunakan sebagai sebuah solusi dalam merancang bangunan yang memiliki fleksibilitas ruang, penggunaan bentuk struktur yang menarik, dan tentunya mengikuti perkembangan teknologi yang nantinya akan sejalan dengan fungsi bangunan yaitu Studio Animasi.


Full Text:

PDF

References


Afyar, A. (2020). Pusat Kreativitas Teknologi Digital Dengan Pendekatan Prinsip Desain Norman Foster. Jom FTEKNIK Volume 7 Edisi 1 Januari s/d Juni 2020, 1-8)

Ardiansyah. (2012). Analisis Rancangan Norman Foster Pada Bangunan Chek Lap Kok Airport (Hongkong) Dalam Konteks Arsitektur High-Tech. 2(2), 37

Azizah, M. O. (2020). Perancangan pusat kegiatan remaja/komunitas (youth center) di kota Pekanbaru dengan pendekatan arsitektur high tech (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Endirastomo, N. (2009). Pusat Animasi di Yogyakarta dengan Penekanan Arsitektur High-Tech. Skripsi. Strata, 1.

Enni Dessy, U. I. (2018). Perancangan Baru Interior Studio Animasi Kumala Bandung. e-Proceeding of Art & Design : Vol.5, No.3 Desember 2018, 5, 3091-3102.

Mc. Graw, Ibiz Fernandes, (2002) Macromedia Flash Animation & Cartooning: A Creative Guide. Hill/Osborn, California

Muhammad Choirul, K. (2019). Perancangan studio animasi di Surabaya dengan pendekatan Metafora Kombinasi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Rahayu, I., Darmawan, D., & Wasilah, W. (2017). Arena Olahraga Ekstrim Dengan Pendekatan Arsitektur High Tech Di Makassar. Nature : National Academic Journal of Architecture, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.24252/nature.v4i1a6

Rahman*, S. A. (2017). Eksplorasi Desain Akademi Desain Animasi. 4, 149-159.

Rizki Indah Muhartati, Ahmad Farkhan, D. S. P. P. (2019). Penerapan Teori Arsitektur High Technology Pada Rancangan Gedung Olahraga Di Purbalingga. Jurnal Senthong, 2, 755–764.




DOI: https://doi.org/10.31289/jaur.v5i2.4944

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JAUR : JOURNAL OF ARCHITECTURE AND URBANISM RESEARCH
Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jaur dan Email: jaur@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License