Analisa Durasi dan Kapasitas Parkir Manhattan Times Square

Gatot Pramono, Nuril Mahda Rangkuti, Marwan Lubis

Abstract


Kapasitas parkir yang sesuai dan letak parkir yang digunakan dengan baik dan benar tentu tidak akan mengakibatkan penghambatan lalu lintas. Posisi dan letak parkir sudah ditentukan oleh Pemerintah Daerah, Seharusnya ketika pengguna kendaraan memarkirkan kendaraannya. Namun kenyataannya penggunaan lahan parkir sering tidak dipatuhi baik oleh pengguna maupun pengelola parkir.Penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang analisa durasi dan kapasitas parkir dalam Mall Manhattan Times Square Medan. Data yang digunakan adalah data primer yaitu pencatatan waktu masuk dan keluarnya kendaraan. Data sekunder yang dipakai luas area parkir, tipe parkir dan kapasitas parkir.Hasil dari perhitungan analisa durasi dan kapasitas parkir di Medan Manhattan Times Square yaitu akumulasi maksimum harian tertinggi mobil terjadi pada rentang waktu 15 menit sebanyak 367 kendaraan. Rata – rata volume harian mobil adalah 509 kendaraan.Indeks parkir mobil 98,66 % . Tingkat turn over parkir tertinggi 1,36. Durasi parkir rata – rata 136 menit.Kebutuhan ruang parkir mobil berdasarkan luasan area total seluas 89.855 m² diperoleh kebutuhan ruang parkir sebanyak 702 SRP sedangkan perhitungan berdasarkan pada luas lantai efektif yang digunakan sebanyak 1463 SRP. Kapasitas statis yang disediakan ruang parkir pada area tersebut saat ini baru mencapai 374 SRP. Jadi secara keseluruhan area parkir di Manhattan Times Square masih belum mampu memenuhi kebutuhan parkir.

Keywords


Kapasitas Parkir, Durasi , Kebutuhan Ruang Parkir, Turn over, SRP, Indeks Parkir

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Iskandar. 2011. Parkir ; Pengantar Perencanaan dan Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta : Transindo Gastama Media.

Ahmad Munawar. 2004. Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Yogyakarta :Penerbit Beta Offset

Anton Maulana. 2011. ANALISIS KAPASITAS DAN KARAKTERISTIK PARKIR KENDARAAN DI PUSAT PERBELANJAAN SOLO GRAND MALL SURAKARTA. Program Studi Teknik Sipil Universitas Surakarta.

Badan Pusat Statistik Kota Medan . 2015 . Kota Medan Dalam Angka 2015. Medan

Direktorat Jendral Perhubungan Darat . 1996 . Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir . Jakarta .

Direktorat Jendral Perhubungan Darat . 1992 . Undang – Undang Republik Indonesia no. 14 tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan . Jakarta .

Hobbs, F.D. 1995. Perencanaan Transportasi Perkotaan Yogyakarta : Penerbit Gajah Mada Press

Ofyar Z. Tamin.2000. Perencanaan & Pemodelan Transportasi. Bandung : Penerbit Institut Teknologi Bandung

Sakti Pinandito. 2007. ANALISA KAPASITAS RUANG PARKIR OFF STREET MOBIL PENUMPANG ADA SWALAYAN SETIA BUDI SEMARANG. Program Strata – 1 Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang.

Pignataro, Louis J. 1973. Traffic Engineering, theory and practice . Prentice – Hall ,Inc.United States of America.




DOI: https://doi.org/10.31289/jcebt.v3i1.2457

DOI (PDF): https://doi.org/10.31289/jcebt.v3i1.2457.g1995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jcebt dan Email: jcebt@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License