Analisa Perencanaan Jalur Sepeda Motor Pada Kawasan Tertib Lalu Lintas Di Kota Medan

Muhammad Ilham Ashari(1*), Kamaluddin Lubis(2), Nuril Mahda Rangkuti(3),


(1) Jurusan Teknik sipil Fakultas Teknik Universitas Medan Area
(2) Jurusan Teknik sipil Fakultas Teknik Universitas Medan Area
(3) Jurusan Teknik sipil Fakultas Teknik Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi kinerja ruas jalan tertib lalu lintas terutama jalan Pangeran Diponegoro sebagai subjek penelitian saat ini dikaitkan dengan perencanaan lajur khusus sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode survey lapangan dengan melakukan pengamatan secara langsung di ruas jalan Pangeran Diponegoro dengan menyebarkan surveyor pada titik-titik tertentu guna memudahkan dalam pencatatan sehingga diperoleh data pengamatan yang valid. Pengamatan langsung dilakukan dengan pencatatan secara manual data jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan Pangeran Diponegoro, jenis kendaraan, serta geometric ruas jalan tersebut. Analisis penelitian menggunakan microsoft exel. Hasil dari identifikasi dan penelitian lapangan yang telah di analisis diketahui tingkat pelayanan dari ruas jalan Pangeran Diponegoro pada segmen 1 adalah nilai V/C rasio tahun 2017 sebesar 0.69 dengan tingkat pelayanan C, pada tahun 2020 menjadi 0.91 dengan tingkat pelayanan E (meningkat 0.22), dan diperhitungkan dan pada tahun 2021 nilai V/C rasio menjadi 0.99 dengan tingkat pelayanan E (meningkat 0.08). Sedangkan segmen 2 adalah Nilai V/C rasio tahun 2017 sebesar 0.51 dengan tingkat pelayanan C, pada tahun 2020 menjadi 0.68 dengan tingkat pelayanan C (meningkat 0.17), dan diperhitungkan dan pada tahun 2021 nilai V/C rasio menjadi 0.74 dengan tingkat pelayanan D (meningkat 0.06).Maka diharapkan pembuatan lajur khusus sepeda motor harus segera direalisasi untuk menekan peningkatan nilai V/C dan dapat membuat kinerja ruas jalan khususnya jalan Pangeran Diponegoro terus menurun atau mengalami kemacetan serius pada tahun-tahun yang akan datang.

Keywords


Volume lalu lintas; Kinerja ruas jalan; lajur khusus

Full Text:

PDF

References


Adriyana, D. (2011), “Studi Fenomena Pertumbuhan Penggunaan Moda Sepeda Motor di Kota Bandung (Studi Kasus: Koridor Jalan Abdul Haris Nasution)”, Tugas Akhir, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Anonimus, (1997), “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)”, Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta.

Arizudin, F., (2004). “Sepeda motor sebagai solusi transportasi masa kini”.

(http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2012/01/13/sepeda-motor-sebagai-solusi transportasi-masa-kini benarkah/), (Online) di akses 18 maret 2012.

Hai, P.K. dan Susilo, Y.O., (2009), “The Motorcycle Ownership Behaviour in

Hanoi City, Vietnam:How Unique They are Compare to Other Countries?”, Proceeding of the Eastern Asia Society for TransportationStudies, Vol. 7.

Hsu, T.P., Sadullah, A.F.M., dan Dao, N.X., (2003), “A Comparison Study on

Motorcycle Traffic Development in Some Asian Countries-Case of

Taiwan,Malaysia,and Vietnam”,(http://www.easts.info/activities/icra/2001-Comparison Study Motorcycle Development.pdf, diakses 3 April 2012).

Joewono, T.B. (2010), “ Pengembangan Psikologi Lalu Lintas dalam manajemen Lalu Lintas Perkotaan di Indonesia “, Laporan Hibah Kompetensi tahun ke dua, Bandung.

Lubis, H.A.R.S., (2009), “Motorcycle Growth and Its Impacts to Urban

Transportation.”, Proceeding of the Eastern Asia Society for Transportation

Studies, Vol. 7.

Pusat Bahasa., (2008) “Kamus Besar Bahasa Indonesia” , Edisi Keempat, PT.

Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Senbil, M., Zhang, J. dan Fujiwara, A., (2006),“Motorcycle Ownership and Use In Jabotabek(Indonesia)MetropolitanArea”, Discussion Paper Series, Graduate School Of International Development And Cooperation, Hiroshima University,Vol. 3.

Tamin, O.Z., (2000),”Perencanaan dan Permodelan Transportasi”,Edisi Kedua, Institut Teknologi Bandung.

Taylor, M.A.P., and Prabnasak, J., (2008), “Study on Mode Choice and Vehicle

Ownership in a Medium-Sized Asian City”, The 30thConference of Austalian Institutes of Transport Research Proceedings (CAITR2008 Proccedings), University of Western Australia, Perth.

Tuan, V.A. dan Shimizu, T., (2005), “Modeling Of Household Motorcycle

Ownership Behavior In Hanoi City”, Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol. 6.




DOI: https://doi.org/10.31289/jcebt.v3i1.2459

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jcebt dan Email: jcebt@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License