ANALISA AMBANG BATAS EMISI CO2 DARI AKTIFITAS LALULINTAS DIRUAS JALAN MT HARYONO MEDAN
Ida Deliyarti Agustina(1),
(1) universitas al azhar medan
Abstract
Jumlah dan jenis kenderaan mempengaruhi kapasitas jalan dan meningkatkan mobilitas didalamnya. Pertumbuhan sektor transportasi menyebabkan meningkatnya mobilitas yang tentunya meningkatkan penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Hal ini juga mempengaruhi emisi yang dikeluarkan dari kenderaan hingga berefek pada penurunan kualitas lingkungan dikawasan perkotaan. Umumnya peningkatan arus kenderaan terjadi dikawasan kota dimana terjadi perjalanan dengan mobilitas yang sangat tinggi akibat aktifitas industry yang memutar roda perekonomian kota.
Penelitian ini dilakukan disepanjang Jalan MT.Haryono, mulai dari perempatan Jalan MT.Haryono dengan Jalan Kesawan Medan hingga Persimpangan Jalan Cirebon. Menghasilkan analisis bahwa kenderaan mobil pribadi menduduki tempat tertinggi dalam segi jumlah, namun kenderaan bermotor roda dua sebagai kenderaan penyumbang Emisi CO2 terbanyak saat beroperasi disepanjang ruas jalan penelitian yaitu antar 105,24 kg/km.jamKeywords
Full Text:
PDFReferences
Qorry Nugrahayu (2014)
Determination Of Specific Emission Factors From Transportation And Industrial Sectors For Estimating And Mapping Carbon Footprint In Sumenep District-East Java
Nunuj Nurdjanah (2014), Emisi Co2 Akibat Kendaraan Bermotor Di Kota Denpasar Co2 Emissions Of Vehicle Resulting In Denpasar, Puslitbang Perhubungan Darat dan Perkeretaapian Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 5 Jakarta,
Chen, K dan Yu, L (2007) Microscopic Traffic _ Emission Simulation and Case Study For Evolution of Traffic Control Strategiies, Journal of Transport System Engineering Information Tecnology,Vol 7 No,1
Kasan, Muhammad (2011), Analisa Fluktuasi Arus LalulintasKota Palu(Studi Kasus Kota Palu Bagian Barat, Jurnal rekayasa dan Manajemen Transportasi, Vol 1 No.2
Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 141 Tahun 2003 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kenderaan Bermotor
DOI: https://doi.org/10.31289/jcebt.v6i1.6818
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License