MODEL MIKROSIMULASI KINERJA JALAN PADA KAWASAN PENDIDIKAN SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID 19
Authors
Iin Irawati , Bambang Tutuko , Diah Setyati BudiningrumDOI:
10.31289/jcebt.v6i2.7814Published:
2022-08-29Issue:
Vol. 6 No. 2 (2022): JCEBT SEPTEMBERKeywords:
mikrosimulasi, performa, jalan, Tingkat Pelayanan Jalan, VISSIMArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Dalam suatu fungsi tata guna lahan akan tercipta suatu bangkitan dan tarikan dalam suatu zona. USM merupakan salah satu kawasan pendidikan yang terletak di jalan arteri Sukarno Hatta. Karena memiliki letak yang strategis, maka USM menjadi salah satu kawasan yang memiliki bangkitan dan tarikan yang tinggi dengan jumlah mahasiswa USM yang melebihi 14.000 orang. Pada kondisi normal (sebelum pandemi COVID 19), kemacetan lalulintas tertinggi terjadi pada saat sore sampai malam hari (saat jam perkuliahan kelas reguler sore). Banyaknya jumlah mahasiswa kelas sore dibanding kelas reguler pagi serta tingkat hambatan samping yang cukup tinggi, menjadi faktor kemacetan lalulintas. Kondisi tersebut di atas berbeda dengan kondisi sekarang (masa pandemi COVID 19). Kondisi lalulintas depan USM saat pandemi COVID 19 mengalami perubahan dengan berkurangnya kepadatan lalulintas dikarenakan pembelajaran bersifat online, diberlakukannya Work From Home/WFH dan Work From Office/WFO dengan sistem piket bergilir serta pembatasan jam kerja dan pembatasan aktivitas masyarakat, adanya penurunan hambatan samping serta kondisi pada saat sore atau malam hari mengalami kelengangan karena jam kegiatan kampus dibatasi sampai pukul 15.00 WIB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat model simulasi lalulintas sebelum dan saat pandemi COVID 19, dengan metode mikrosimulasi lalulintas menggunakan tools VISSIM. Indikator penlitian berupa kecepatan kendaraan. Setelah dilakukan pemodelan selanjutnya dilakukan evaluasi perbandingan kinerja dari hasil pemodelan sebelum dan saat pandemi COVID 19. Kondisi pandemi COVID 19 memberikan pengaruh terhadap arus yaitu adanya penurunan arus sebesar 36.98 % (ke arah Pedurungan) dan 33.88 % (ke arah Citarum), kenaikan kecepatan kendaraan, penurunan kelas hambatan samping menjadi kelas rendah dibandingkan sebelum pandemi COVID 19 yang berada di kelas sangat tinggi (VH). Dengan demikian terjadi peningkatan kinerja yaitu berada pada LOS B (saat pandemi COVID 19) dibandingkan sebelum pandemi COVID 19 (kinerja berada pada LOS E).
References
Ahmad, Z.M dan Kamziah. (2018), Studi Kinerja Ruas Jalan Arteri Terhadap Pengaruh Hambatan Samping Pada Ruas Jalan Yos Sudarso di Kota Tarakan, Jurnal Teknik Sipil ISSN 2581-1134 (Online) Vol. 2 No. 1 Juni 2018.
Akbardin, J. (2013), Kajian Model Bangkitan Pergerakan Kawasan Pendidikan Jalan Sultan Fatah Kota Demak, Jurnal Kokoh, Volume 11 Nomor 1, Januari 2013.
Andriyanto, A. (2012), Simulasi Antrian Pintu Tol Dengan Menggunakan Pemrograman Komputer (Studi Kasus Pintu Tol Cililitan), Tesis Program Studi Magister Sistem dan Teknik Transportasi Jurusan Ilmu – Ilmu Teknik Program Studi, Universitas Gadjah Mada, 2012.
Arasan, T. V. and Vedagiri, P. (2006), Estimation of Saturation Flow of Heterogenous Using Computer Simulation, Proceeding 20th European Conference on Modelling and Simulation Wolfgang Borouzky, OECMS, 2006, ISBN 0-9553018-0-7.
Arikunto, S. (2002), Metodologi Penelitian, Penerbit : Rineka Cipta.
Aronsson, K.F.M. (2006 ), Speed Characteristics of Urban Streets Based on Driver Behaviour Studies and Simulation, Doctoral Thesis in Infrastructure Royal Institute of Technology Stockholm, Sweden 2006.
Ayuningtyas, D.S dan Santoso, G. (2007), Hubungan Antara Intensi Untuk Mematuhi Rambu – Rambu Lalulintas dengan Perilaku Melanggar Lalulintas Pada Supir Bis di Jakarta, Jurnal Psikologi Sosial, Vol.13, No. 1, 2007.
Bina Marga. (1997), Manual Kapasitas Jalan di Indonesia, Dinas PekerjaanUmum.
Cahyono, D.B., Muldiyanto, A., Kustirini, A. (2019), Model Tarikan Pergerakan Orang Dengan Analisa Regresi Di Kampus Universitas Semarang, Jurnal Teknika, Volume 14, Nomer 1.
Charbatzadeh, F., Ojioku, U., Chipulu, M., Marshall, A. (2015), Determinants of Satisfaction with Campus Transportation Services: Implications for Service Quality, DOI: 10.4102/jtscm.v10i1.203.
Cheampong, A.R and Silva, A.E. (2012), Land use Transport Interaction Modelling : A Review of Literaturue and Future Directions, SIIV2012 Scientific Committee doi: 10.1016/j.sbspro.2012.09.862.
Hidayat, T.R.A. dan Kurniawan, B.S. (2011) , Pengaruh Keberadaan Kampung Inggris Terhadap Guna Lahan Dan Sosial Ekonomi Masyarakat Di Desa Tulung Rejo dan Desa Pelem, Kabupaten Kediri, Jurnal Tata Kota dan Daerah Volume 3 Nomor 1, Juli 2011.
Hoogendoorn, S. and Knoop, V. (2000), Traffic Flow Theory and Modelling.
Ilham, N., Sahputra, A.S., dan Irawati. I. (2013), Analisis Kinerja Ruas Jalan Soekarno Hatta (Segmen Jalan Depan Kampus USM) Akibat Pengaruh Hambatan Samping, Prosiding FSTPT 16, 2013.
Irawati, I., Muldiyanto, A. (2020), Analisa Kinerja Jalan Menggunakan Simulasi Lalulintas (Kajian Studi : Segmen Jalan Depan USM), Jurnal Teknika USM, Volume 5 Nomer 1.
Manis, A. dan Hutami, S.T.S. (2011), Sistem Transportasi Bus Unad, Sistem Optimasi Industri 2, Hal. 16 – 22.
Nazir, M. (2004), Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Ni, D. (2011), Multiscale Modelling of Traffic Flow, Mathematical Aeterna, Vol. 1, pages 27 -54, 2011.
NYS Departments of Motor Vehicles Governor’s, (2005), Aggressive Driving 2005.
Rezita, D.A. (2014), Studi Pembuatan Model Tarikan Pergerakan Orang Pada Pusat Kegiatan Pendidikan Dengan Metode Analisis Regresi, (Studi Kasus : Kampus Universitas Brawijaya), Volume 1, No.1, http://sipil. studentjournal.ub.ac.id.
Ristiandi, B., Suyono, S.R., Sutarto, Y.M. (2019), Analisis Dampak Aktivitas Sekolah Terhadap Kinerja Ruas Jalan, Tugas Akhir, 2019.
Rizani, A. (2013), Evaluasi Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping ( Studi Kasus Pada Jalan Soetoyo S Banjarmasin ), Jurnal Sains dan Terapan Politeknik Hasnur, Volume 1 Nomor 1 April 2013.
Siemens, (2012), Microschopic Traffic Simulation with VISSIM, Simulation of Multimodal Traffic Flow Made Easy.
Sihaloho, A.D dan Manullang, R.O. (2018), Perubahan Pemanfaatan Lahan Pada Kawasan Pendidikan Tinggi dan Asosiasinya Terhadap Lalulintas di Koridor Simpang Tiga Mulawarman Raya, Jurnal Pengembangan Kota 6(2):155, DOI: 10.14710/jpk.6.2.155-163.
Turyanto, S, Irawati, I. (2014), Kajian Pengaruh Tata Guna Lahan Terhadap Kinerja Jalan pada Kawasan Pendidikan, The 17th FSTPT International Symposium, Jember University, 22-24 August 2014.
Waddell, P. (2011), Integrated Land Use and Transportation Planning and Modelling: Addressing Challenges in Research and Practice, Transport Reviews, Vol. 31, No. 2, 209–229, March 2011.
Wendika, D.Y., Soeryamassoeka, B.S., Yuniarti, E. (2012), Pengaruh Perubahan Tata Guna Lahan Terhadap Besarnya Debit ( Q ) Pada suatu Kawasan ( Studi Kasus Pasar Flamboyan ), Jurnal Teknik Sipil UNTAN, Volume 12 Nomor 2, Desember 2012.
Yasa, T.M.I. dan Sutapa, K.I. (2011), Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Ruas Jalan Cokroaminoto Denpasar ( Studi Kasus Depan Sekolah Taman Mahatma Gandhi ), Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah 2011.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).