Analisis Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Pupuk pada PT.XYZ


Andri Nasution(1), Chelia Yoman(2),


(1) 
(2) Universitas Sumatera Utara

Abstract


PT. XYZ adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur yang menghasilkan variasi pupuk seperti pupuk dolomit dan pupuk kapur. Saat ini, persaingan usaha khususnya dalam bidang pupuk dolomit sudah semakin banyak, maka mengakibatkan dalam usaha apapun, pastinya memiliki pesaing didalamnya. Metode yang digunajan pada penelitian ini adalah analisis SWOT yang meliputi Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis guna merumuskan  strategi  perusahaan  yang  kemudian  digambar  pada  diagram  cartesius  pada  kuadran  I dengan nilai 1,54;0,97. Posisi ini menandakan bahwasannya PT. XYZ adalah sebuah perusahaan yang berkembang, kuat dan berpeluang Sehingga dilakukan analisis SWOT. Sehinnga strategi yang dapat dilakukan adalah mempertahankan dan meningkatkan kualitas pupuk agar banyak memiliki pelanggan yang loyal untuk selalu melakukan transaksi guna memenuhi kebutuhan perusahaannya.


Keywords


SWOT; Pupuk Dolomit; Strategi Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Nggini, Yulius Habita. (2019), Analisis SWOT Terhadap Kebijakan Pengembangan Pariwisata Provinsi BaliI. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. Vol. 03. No. 01.

Riyanto, Slamet. (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) di Madiun. Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi.Vol. 5. No. 3.

Erawati, Ni Made Yuni. dkk. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Pupuk Organik Pada UD. Darma Puri Farm di Desa Tangkas, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. Jurnal Manajemen Agribisnis.Vol. 6. No. 2.

Astiani, Restu Irami. dkk. (2020). Analisis Strategi Pengembangan Agroindustri Tahu Bulat (Studi Kasus Pada Agroindustri Tahu Bulat Songkha di Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis). Prosiding Seminar Nasional POLBANGTAN Yogyakarta Magelang Jurusan Peternakan

Nurjannah. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Quin Spin Laundry Palopo. Jurnal of Economic, Management and Accounting. Vol. 02. No. 02.




DOI: https://doi.org/10.31289/jime.v5i1.4734

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Teknik Indusri, Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jimedan Email: jime@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License