DESIGN A FOLK STORY-BASED THREE-DIMENSIONAL ANIMATION ABOUT THE ORIGINS OF SAGO IN SENTANI

Authors

  • Mayor M.H. Manurung Universitas Cenderawasih
  • Halomoan Edy Manurung Universitas Ottow Geissler Papua
  • Elisabet - Wijaya Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31289/jite.v6i1.6250

Keywords:

Multimedia,

Abstract

Perkembangan Teknologi informasi pada saat ini begitu pesat dan digunakan dalam berbagai sektor kehidupan misalnya multimedia yang terdiri dari teks, bunyi, gambar, musik, animasi dan video dapat digunakan dalam media pembelajaran. Media Pembelajaran berupa cerita rakyat yang berasal dari Papua masih jarang ditemukan sedangkan kebutuhan akan media pembelajaran tentang cerita rakyat Papua sangat dibutuhkan guna menjaga keberagaman dan kekayaan budaya serta adat istiadat di Papua. Salah satu kekayaan alam di Papua adalah pohon sagu yang tersebar luas diseluruh daerah pesisir Papua. Tanaman Sagu di daerah Sentani memiliki banyak jenis dan kualitas terbaik di dunia dan memiliki cerita yang diturunkn secara turun temurun kepada orang Sentani. Dari Latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk merancang dan membangun animasi tiga (3) dimensi berbasis cerita rakyat tentang asal usul Sagu di Sentani. Metode pengembangan sistem menggunakan model pengembangan multimedia versi Luter Sutopo yang terdiri dari enam (6) tahap yaitu concept, design, material collecting, Assembly, testing dan Distribution. Aplokasi perangkat lunak yang digunakan adala Blender 2.9.1, Make Human 1.2.0, Reallusion, Hanbrake 1.3.3, Adobe Audition cc 2020, Wonder Sare Filmora X. Hasil pengujian alpha testing menunjukkan bahwa seluruh scenario berjalan dengan benar dan pengujian beta testing dengan kuesioner menunjukkan bahwa 99% menjawab tampilan menarik, 97% menjawab mudah dipahami dan 98 % menjawab dapat menjadi bahan promosi sehingga layak dipublikasikan.

References

Handani, S. W., & Nafianti, D. R. (2017). Perancangan Film Pendek Animasi 3 Dimensi Legenda Desa Penyarang. Jurnal Infotel, 9(2), 204. https://doi.org/10.20895/infotel.v9i2.195

Tanuwijaya, N. P., & Wibowo, T. (2020). Perancangan Video Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat Malin Kundang dengan Aplikasi ToonBoom Harmony. Journal of Information System and Technology, 01(02), 1–22.

Mahendra, R., Trisnadoli, A., & Nugroho, E. S. (2018). Implementasi Teknik Sinematografi dalam Pembuatan Film Animasi 3D Cerita Rakyat “Batu Belah Batu Betangkup.†Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 578–583. https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.483

Setiawan, I. K. (2019). Adaptasi Cerita Rakyat Jayaprana Dan Layonsari Dalam Bentuk Animasi 2D. Jurnal Nawala Visual, 1(2), 88–94. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i2.30

Nanda, P. A. (2020). Simulasi Visualisasi Teknik Gerakan Yoga Dengan Metode Pengembangan Multimedia Luther-Sutopo Berbasis Mobile. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 7(2), 207. https://doi.org/10.30865/jurikom.v7i2.1944

Daryanto. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan belajar (2th ed.). Gava Media. https://www.gavamedia.net/produk-222-media-pembelajaran-peranannya-sangat-penting-dalam-mencapai-tujuan-belajar.html

Caudron, Romain. valenza, E. (2016). Blender 3D : Characters , Machines , and Scenes for Artists Table of Contents (T. Shriyan (ed.)). Packtpub. www.packtpub.com

Chaves, C., & Faulkner, A. (2019). Adobe Photoshop CC Classroom in a Book® 2019 release The official training workbook from Adobe. In W. Katz (Ed.), Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Adobe Creative Cloud. peachpit.com

Chronister, J. (2017). Blender Basics Classroom Tutorial Books 5t Edition (J. Chronister (ed.); 5th Editio). blender.org. http://www.cdschools.org/blenderbasics .

Downloads

Published

2022-07-23