Pengaruh Penggunaan Aplikasi Blackberry Messenger terhadap Interaksi Sosial di Kalangan Pelajar

Autor(s): Ayu Trisuci, Syafruddin Ritonga
DOI: 10.31289/jppuma.v4i2.452

Abstract

Black Berry Massenger atau kerap dipanggil BBM ini adalah suatu aplikasi yang terdapat di handphone blackberry dan juga smartphone yang berfungsi mengirimakan pesan singkat dengan kualitas yang tinggi. Dalam blackberry messenger juga terdapat berbagai informasi yang mengetahui seorang individu membaca pesan singkat blackberry messenger tersebut, terkirim pesan singkat blackberry massenger, aktif atau tidaknya blackberry messenger individu lain, memberikan peristiwa dan kabar penting lewat blackberry messenger. Pelitian ini bertujuan untuk pengaruh pengguna aplikasi blackberry messenger (BBM) terhadap interaksi sosial di kalangan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Krakatau Medan kecamatan Medan Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Krakatau yang duduk di kelas IX sebanyak 3 kelas yaitu 90 orang sampel penelitian menggunakan sampling jenuh maka dapat diambil sampel penelitian yaitu 90 siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap 90 responden menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Pengguna Aplikasi Blackbery dengan varaibel terikat Interaksi SosialĀ  adalah signifikan dengan hasil Korelasi Product Moment adalah sebesar 0,97 sedengakan berdasarkan r tabel product moment untuk N=90 pada taraf signifikan 5% adalah diperoleh nilai 0,207 karena r hitung 0,9 lebih besar dari pada r tabel yaitu 0,207.

Keywords

Aplikasi Black Berry Massenger; Interaksi Sosial

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara

Azwar, S. 2003. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Effendy, O.U. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Gea, A.a.; Wulandari, A.P.Y; Babari, Yohanes. 2003. Character Building I: Relasi dengan Sendiri. Jakarta: PT Gramedia.

Holmes, D. 2012. Teori Komunikasi: Media, Teknologi, dan Masyarakat.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jogianto, 2003, Sistem Teknologi Informasi, Andi, Yogyakarta

Kriyantono, R., 2008., Teknik Praktis Riset Komunikasi Revisi. Kencana: Jakarta

Liliweri, A. 2014. Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara

Mc Quail, D. 2011. Teori Komunikasi Massa Mc Quaill, buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Mulyana, D, 2007, Ilmu komuikasi suatu pengantar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

----------------. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murdiyatmoko, J. 2008. Sosiologi Mengkaji Dan Memahami Masyarakat. Bandung: Grafindo Media Pratama

Nawawi, H. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Poerwadarminto. 1995, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Poloma, M. 2000. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafind

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Singarimbun, M, dan Sofian E, 1989, Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES

Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: PT. Bumi aksara.

Soekanto, S. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Wood, A.F. dan Mathew J.S. 2005. Online Communication: Linking Technology, Identity, dan Culture, Second Edition. USA: Lawrence Erlbaum Associates, Inc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.