Pelayanan Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Pemerintah bagi Masyarakat dalam Mengatasi Musibah

Autor(s): Sofyul Hidayat, Irwan Nasution
DOI: 10.31289/jppuma.v1i2.562

Abstract

Dalam era globalisasi dewasa ini, salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh pemerintah khususnya pemerintah daerah adalah bagaimana menampilkan aparatur yang profesional, memiliki etos kerja yang tinggi, keunggulan kompetitif, dan kemampuan memegang teguh etika birokrasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya dan memenuhi aspirasi masyarakat. Tantangan tersebut merupakan hal yang beralasan mengingat secara empiric masyarakat di daerah menginginkan agar aparat pemerintah dalam menjalankan tugas-tugasnya dapat bekerja secara maksimal yang akhirnya dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.Dalam pelayanan Pencegahan dan Pemadam Kebakaran yang dilayani oleh petugas pemadam kebakaran mendengar banyaknya keluhan masyarakat di lokasi kebakaran antara lain sulitnya menghubungi kantor pencegahan dan pemadam kebakaran, lamanya petugas pemadam kebakaran sampai di lokasi kebakaran, kurangnya fasilitas yang dimiliki petugas pemadam kebakaran,kurang sikap sigap,cepat dan tanggap oleh petugas pemadam kebakaran hingga dianggap masyrakat memerlukan biaya dalam meminta pelayanan pencegahan  dan pemadam kebakaran

Keywords

Masyarakat; Pelayanan; Pemadam Kebakaran

References

Handoko. T. H. 1992. Manajemen Personalia Adobe, Reader. 2012. Jurnal Kepuasan Pembayar Pajak atas Kinerja Pelayanan Publik dalam Pembayaran Pajak PKB dan BBNKB pada Kantor Bersama Samsat Kota Denpasar. Universitas Udayana: Denpasar

Anakunhas. wikipediahttp://www.anakunhas.com/search/pengertian-pemadam- kebakaran

Agustina, suci. 2013. Jurnal Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Fakultas Hukum,Universitas Brawijaya: Malang.

Blogspot.2012. Makalah Individu dan Masyarakat

http://14april92.blogspot.com/2012/01/makalah-individu-dan-masyarakat.html

BPBD Propinsi DKI akarta. 2013. Jumlah Kasus Kebakaran Propinsi DKI Jakarta.

Dinas Cipta Karya dan Pertambangan Kabupaten Deli Serdang. 2015. Sturktur Organisasi di Dinas Cipta Karya dan Pertambangan Kabupaten Deli Serdang

Deli Serdang. 2010. Deli Serdang Dalam Wikipedia

DP2K Kota Medan. 2013. Jumlah Kasus Kebakaran di Kota Medan.

Dwiyanto, A. 2008. Mewujudkan Good Governance Melalui Layanan Publik, Yogyakarta: UGM Press.

Fitriani, Indah, Nur.2011. Kulitas Pelayanan Pada Dinas Pemadam Kebakaran di Indonesia, Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjajaran: Bandung.

Fardhani, H. 2010. Jurnal Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Masyrakat Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Semarang. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro: Semarang

Fatih. 2012. Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli.

http://fatih-io.biz/pengertian-masyarakat-menurut-para-ahli.html

Hadi, Sutrisno. 1993. Statistik 2. Andi Offset: Yogyakarta.

Hanosen.2012. Teori Kebakaran.

http://hanosen.com/teori-kebakaran/

http://pemadamkebakarankotasungaipenuh.blogspot.com/p/sejarah.html

Ibrahim, H. 2010. Defenisi dan Pencegahan Bahaya Kebakaran.

http://hasyimibrahim.wordpress.com/2010/01/23/definisi-dan-pencegahan bahaya-kebakaran/

Kartikaningdyah, Ely. 2014. Jurnal Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada BP2T Kota Tanjungpinang

Kantor Seksi Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Deli Serdan. 2014.

Jumlah Kasus Kebakaran di Kabupaten Deli Serdang

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004

Kep.MenPan No. 81/93. Tentang Pelayanan Umum

Murni. 2012. Makalah Kebakaran. ewokedaerik.blogspot.com/2012/10/kebakaran.html

Nawawi. 1987. Metode Penelitian. Tarsito: Bandung

Nazir, Moh, Ph.D. 1983. Metode Penelitian.Ghalia Indonesia: Jakarta

Siagian, S, P. 1994. Fungsi-fungsi Manajerial, Bumi Aksara: Jakarta

Singarimbun, Masri. 2002. Penelitian Survei, Penerbit LP3ES: Jakarta

Shafwani, R. 2012. Gambaran Risiko Pekerjaan Petugas Pemadam Kebakaran di Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran (DP2K) Kota Medan, Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara: Medan.

Soegiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi, Alfabera: Bandung

Sutopo dan Sugianti. 1990. Mengutip Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum yang dikeluarkan oleh Kantor Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia.

Syani, A.1987. Sosiologi Kelompok dan Masalah Sosial.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS).

Waspada Online. 2014. Jumlah Kasus Kebakaran di Kota Surabaya.

Yantzace . 2008. TINGKAT KEPUASAN (HEND).

http://www.muslimpenang.wordpress.com2008/01/31/indeks-kepuasan-masyarakat-ikm-bidang-kesehatan/.

Dokumen Profil Deli Serdang, www. http://www.deliserdangkab.go.id/statis-29-kependudukan.html, akses 14 Maret 2015, pkl. 15.23 Wib)

Dokumen Profil Deli Serdang, www. http://www.deliserdangkab.go.id/statis-29-kependudukan.html, akses 14 Maret 2015, pkl. 15.03 Wib).

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2008 Tentang Kecamatan

Undang-undang No. 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan

http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/detail/sejarah-ktp-di-indonesia, akses tanggal 27-12-2014,pkl 20.30 wib

http://www.deliserdangkab.go.id/statis-29-kependudukan.html, akses 14 Marer 2015, pkl. 15.36 WIB)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.