Prospek E-Commerce Syariah pada Masa Pandemi Covid-19
Arifa Pratami(1), Abdul Rahman(2), Muhammad Hadi(3),
(1) Universitas Islam Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Sumatera Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiana, Pande Putu Erwin, and Ni Luh Karmini. 2012. “Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga Dan Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Miskin Di Kecamatan Gianyar.” E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana (EEP) 1(1):39–48.
Amalia, Fitri. 2014. “Etika Bisnis Islam: Konsep Dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil.” Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah 6(1):133–42.
Azimah, Rizki Nor, Ismi Nur Khasanah, Rizky Pratama, Zulfanissa Azizah, Wahyu Febriantoro, and Shafa Rifda Syafira Purnomo. 2020. “Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Sosial Ekonomi Pedagang Di Pasar Klaten Dan Wonogiri.” EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial 9(1):59–68.
Hasan, Ali. 2010. Marketing Dan Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hasibullah, Nurul Arfiah, Mursalim Mursalim, and Muhammad Su’un. 2020. “Analisis Pengaruh PPn, PPnBM, Dan PKB Dengan Tarif Progresif Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat Di Makassar.” Journal of Accounting and Finance (JAF) 1(1):86–101.
Jayabuana, N. Nuriman. 2018. “McKinsey: Pasar E-Commerce Indonesia Bisa Sentuh US$65 Miliar Pada 2022 | Ekonomi - Bisnis.com.” Bisnis.com.
Lintang, Shania, Daisy S. M. Engka, and Krest D. Tolosang. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Keluarga Guru Aparatur Sipil Negara (Asn) Di Kabupaten Minahasa Selatan (Studi Smp Negeri 1, Sma Negeri 1, Smk Negeri 1 Amurang).” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 19(04).
Miraza, Bachtiar Hassan. 2019. “Seputar Resesi Dan Depresi.” Jurnal Ekonomi KIAT 30(2):11–13.
Muhammad, Marjan, Muhd Rosydi Muhammad, and Khalil Mohammed Khalil. 2013. “Towards Shari’ah Compliant e-Commerce Transactions: A Review of Amazon. Com.” Middle-East Journal of Scientific Research 15(9):1229–36.
Al Natour, Walid. 2019. “Critical Factors in the Development and Introduction of E-Commerce: A Global Approach.” Cardiff University.
Nejadirani, Farhad, Masoud Behravesh, and Reza Rasouli. 2011. “Developing Countries and Electronic Commerce the Case of SMEs.” World Applied Sciences Journal 15(5):756–64.
Parinduri, Luthfi, Mahrani Arfah, and Edi Sofian. 2021. “Analisa Dampak Covid 19 Terhadap Produktivitas Pengusaha Sapu Ijuk Desa Medan Sinembah.” Buletin Utama Teknik 17(1):106–10.
Paryadi, Deky. 2018. “Pengawasan E Commerce Dalam Undang-Undang Perdagangan Dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen.” Jurnal Hukum & Pembangunan 48(3):651–69.
Rakhmawati, Nur Aini, Alvin Edgar Permana, Arvy Muhammad Reyhan, and Hidayattul Rafli. 2021. “Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teknoinfo 15(1):32–37.
Ramayanti, Windi, Nurhalija Sitompul, Rahmat Sulistio, Muhammad Eko Marpaung, and Fatimah Zahara. 2021. “Perubahan Ekonomi Dan Sosial Keagamaan Selama Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Pesisir Pulau Simardan.” MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial 5:5–11.
Rosyidi, Suherman. 2006. Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro & Makro. Jakarta: Rajawali Pers.
Savrul, Mesut, Ahmet Incekara, and Sefer Sener. 2014. “The Potential of E-Commerce for SMEs in a Globalizing Business Environment.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 150:35–45.
Situmeang, Rosinta Romauli. 2018. “Dampak Bisnis Online Dan Lapangan Pekerjaan Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab Di Kota Medan).” Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship 3(03):319–35.
Suhardi, Antonius. 2010. “Pengaruh Daya Beli Masyarakat Terhadap Nilai Penjualan Ikan Lele Di Desa Ganjaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu (Studi Kasus Pada Kelompok Pembudidaya Ikan Desa Ganjaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu).” Jurnal Manajemen Dan Keuangan 8(1):40–47.
Sukirno, Sadono. 2017. Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Kencana.
Thompson, Frauke Mattison, Sven Tuzovic, and Corina Braun. 2019. “Trustmarks: Strategies for Exploiting Their Full Potential in e-Commerce.” Business Horizons 62(2):237–47.
Turban, Efraim, David King, Jae Lee, and Dennis Viehland. 2002. ElectronicCommerce 2002 – A Managerial Perspective (Second Edition). New York: Prentice Hall.
Umam, Khotibul, and Setiawan Budi Utomo. 2016. Perbankan Syariah: Dasar-Dasar Dan Dinamika Perkembangannya Di Indonesia. Yogyakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Waseem, Ansar, Yasir Rashid, Muhammad Akib Warraich, Imran Sadiq, and Zeeshan Shaukat. 2019. “Factors Affecting E-Commerce Potential of Any Country Using Multiple Regression Analysis.” Journal of Internet Banking and Commerce 24(3):1–28.
Wirdasari, Dian. 2009. “Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis.” Jurnal Saintikom 7(2).
DOI: https://doi.org/10.31289/jab.v8i1.5950
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi
JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS: Jurnal Program Studi Akuntansi
Accounting Study Program, Faculty of Economics and Bussiness, Universitas Medan Area
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License