Perlindungan Hukum Masyarakat sebagai Nasabah pada Akad Pembiayaan Perbankan Syari’ah di Kota Binjai (PT. Bank Syari’ah Indonesia ex. PT. Bank BRI Syari’ah Cabang Binjai)


Utary Maharany Barus(1), Yefrizawati Yefrizawati(2), Tengku Keizerina Devi Azwar(3), Rifany Arbita Lubis(4),


(1) Universitas Sumatera Utara
(2) Universitas Sumatera Utara
(3) Universitas Sumatera Utara
(4) Universitas Sumatera Utara

Abstract


Artikel ini dimaksudkan untuk menjelaskan edukasi kepada masyarakat terkait Akad Pembiyaan di PT BSI ex. BRI Syari'ah Cabang Binjai. Kelompok masyarakat yang ditunjuk adalah masyarakat yang terletak di Jalan Baskom Kelurahan Nangka Kecamatan Binjai Utara Sumatera Utara. Metode yang digunakan yuridis normatif dan empiris. Data dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif dari pendekatan perundang-undangan  dan pendekatan yuridis sosiologis. Kajian ini menyimpulkan bahwa pentingnya edukasi kepada masyarakat sebagai nasabah terkait upaya meningkatkan pengetahuan mengenai akad pembiayaan perbankan Syariah, dan  kesadaran hukum nasabah guna meminimalisir resiko serta untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum dari setiap akad pembiayaan yang dibuat nasabah dengan pihak bank syari’ah.

Keywords


Akad Pembiayaan; Perbankan Syari’ah; Perlindungan Hukum.

Full Text:

PDF

References


Abhimantra, A. Maulina, A.R. & Agustianingsih, E. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) dalam Memilih Menabung Pada Bank Syariah. Jurnal Elektronik. 5: 170-177.

Asrori. (2016). Pengungkapan Syariah Compliance dan Kepatuhan Bank Syariah Terhadap Prinsip Syariah. Jurnal Dinamika Akuntansi. 3 (1).

Cahya, B.T. (2013). Kilas Kebijakan Good Corporate Governance pada Perbankan Syariah di Indonesia. La_Riba Jurnal Ekonomi Islam. VII (1).

Fitria, S, & Artanti, Y. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam. 8 (1): 37-48.

Gampu, A.N, Kawet, L. & Uhing, Y. (2015). Analisis Motivasi, Persepsi, dan Pengetahuan terhadap Keputusan Nasabah Memilih PT. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 3 (3): 1330–1340.

Hanik, S.U. & Handayani, J. (2014). Keputusan Nasabah dalam Memilih Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Nasabah Bank Syariah Mandiri). Jurnal Akuntansi Bisnis dan Perbankan Indonesia. 22 (2): 188-202.

Harahap, T.S.R. (2020). Pengaruh Persepsi dan Religiusitas Nasabah terhadap Keputusan Memilih Produk Gadai Emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Medan Iskandar Muda. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam. 11 (1): 1-21.

Huriartanto, A, Hamid, D, & Shanti, P. (2015). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat (Survey pada Konsumen Terminal Tiket Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 28 (1): 1-9.

Iqbal, M. Hamid, A, & Mastura. (2019). Pengaruh Motivasi Perilaku dan Pemahaman terhadap Keputusan Masyarakat dalam Memilih Bank Syariah di Aceh Tamiang. Jurnal Investasi Islam (2): 153-165.

Nurlinda & Zuhirsyan, M. (2020). Mengapa Memilih Bank Syariah? (Sebuah Kajian dari Persepsi Nasabah Non-Muslim). Bisma Cendikia: Jurnal Bisnis, Manajemen & Akuntansi. 1 (1): 1-14.

Rohmadi. Nurbaiti. & Junaidi. (2016). Analisi Faktor Penentu Keputusan Nasabah dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah dan Perbankan Konvensional di Kota Bengkulu. MUNHAJ: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 4 (3): 283-290.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitati Kualitatif dan R & B . Bandung: Alfabeta.

Syaltut, M. (1994). Akidah dan Syari’ah Islam, Terjemahan Fachruddin HS. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31289/mercatoria.v14i2.5794

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Pascasarjana, Magister Hukum, Universitas Medan Area
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License