Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang


Yuli Ajizah Hasibuan(1), Rudi Salam Sinaga(2), Adam Adam(3),


(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(3) Universitas Medan Area

Abstract


Therefore, the authors are interested in conducting research that aims to find out and analyze the implementation and policy constraints of the Minister of Home Affairs Regulation no. 7 of 2019 concerning Online Population Administration Services at the Deli Serdang Regency Population and Civil Registration Service. The research approach used in this study is a qualitative approach, namely problem solving procedures investigated by describing the current state of the subject/object of research based on visible facts. The results of the study found that the application of online population administration services at the Deli Serdang Regency Population and Civil Registration Service had been carried out in accordance with the Minister of Home Affairs Regulation Number 7 of 2019 so that population administration documents could be served. This can be seen from communication, socialization of resources, disposition and bureaucratic structure. The obstacles faced by agencies in implementing online population administration services according to the Minister of Home Affairs Regulation Number 7 of 2019 are: information systems that are densely used/accessible so that they are constrained in speed of service, lack of funds to be able to improve existing facilities and infrastructure, and lack of employee desire. to improve the quality of public services.


Keywords


Policy Implementation; Ministerial regulation; Population Administration Services; Online

Full Text:

PDF

References


Angkat, K.M., Abdul K., Isnaini, (2016), Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi, Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal : Public Admnistration Journal, 7 (1): 33-48

Budiono. (2013). Penerapan Tanda Tangan Digital untuk Otentikasi SMS-Banking. Program Studi Teknik Informatika. Bandung: Universitas Institut Teknologi Bandung.

Chrismonita, V.N. (2020). Efektivitas Permendagri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring (Studi di Disdukcapil Kota Magelang dalam Rangka Mewujudkan Good Governance). Borobudur Law Review Vol. 2 No. 2.

Dahlia, D., Harahap, D., & Lubis, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantor Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(2), 107-115. doi:https://doi.org/10.31289/strukturasi.v2i2.51

Departemen Pendidikan Indonesia. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Dharmanu, I., & Wijaya, K. (2019). Persepsi Masyarakat terhadap Kinerja Pelayanan dalam Program Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Dokumen Kependudukan di Kabupaten Klungkung. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 9(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.31289/jap.v9i1.2209

Isnaeni. (2017). Implementasi Pendaftaran Penduduk Sebagai Upaya Tertib Administrasi E-KTP Dalam Lingkup Hukum Administrasi Negara (Studi Kecamatan Tamalanrea). Makasar: Universitas Hasanuddin.

Kamal, M. (2021). Kebijakan Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Rangka Mewujudkan Good Governance pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol 11 No. 1.

Moleong, L.J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Muslich, M. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ningsih, W.K. (2020). Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 Dalam Rangka Efisiensi Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring di Kabupaten Asahan. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Panjaitan, E. Dewi, R. & Angelia, N. (2019). Peranan Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi kepada Masyarakat. PERSPEKTIF, 8 (1): 32-38.

Parubak, K. (2016). Efektivitas Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Toraja Utara. Makasar: Universitas Hasanudin.

Prastowo. (2011). Motode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Purba, J.F. Tarigan, U. & Nasution, I. & Suharyanto, A. (2019). Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dalam Pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik. PERSPEKTIF, 8 (2): 77-83.

Purba, J.F., (2018). Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan di Kantor Camat Medan Baru Kota Medan. Medan: Universitas Medan Area.

Rahmawati, Z.E. (2021). Optimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Inovasi Loket Desa Karanglor Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri. Jurnal Inovasi Penelitian Vol 2 No 3:

Sari, P.A. Kadir, A. & Batubara, B.M. (2019). Peranan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara

Dalam Pengawasan Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 1-11

Sembiring, B.K.P., Kusmanto, H., & Tarigan, U., (2016), Perilaku Aparat Birokrasi dalam Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk, Jurnal Administrasi Publik, 6 (2): 97-106.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Masmedia.

Wiryanto, W. (2020). dengan judul Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Konfrensi Nasional Ilmu Administrasi Vol.4 No. 1.

Peraturan-peraturan:

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Lembaran Berita Negara Nomor 232Tahun 2013, Tambahan Lembaran Berita Negara Nomor 5475.Sekretariat Negara. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Lembaran Berita Negara Nomor 251Tahun 2016, Tambahan Lembaran Berita Negara Nomor 595. Sekretariat Negara. Jakarta.

UndangUndang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Lembaran Berita Negara Nomor 58 Tahun 2015, Tambahan Lembaran Berita Negara Nomor 5679. Sekretariat Negara. Jakarta.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring.




DOI: https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i2.5680

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Universitas Medan Area

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.