Inovasi Pelayanan melalui Aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman” oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta

Autor(s): Anisa Cahyaningrum, Rino Ardhian Nugroho
DOI: 10.31289/publika.v7i2.2999

Abstract

Kesadaran akan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan di Surakarta masih rendah di tahun 2017, dengan angka kepemilikan terendah yakni kartu identitas anak sekitar 62.38%, sehingga menjadi tugas dari Dispendukcapil Kota Surakarta untuk meningkatkan pelayanannya, salah satunya melalui inovasi dengan memanfaatkan teknologi, sehingga memunculkan aplikasi android yang dinamakan “dukcapil dalam genggaman”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan inovasi pelayanan kartu identitas anak melalui aplikasi “dukcapil dalam genggaman” oleh Dispendukcapil Kota Surakarta berdasarkan tipologi inovasi menurut Perry yaitu produk (keluaran), layanan (opersional), proses (organisasional), konseptual, kebijakan, dan sistemik. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dengan wawancara dan dokumentasi, pemilihan informan pelaksana menggunakan snowball sampling, sedangkan pengguna menggunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan inovasi pelayanan kartu identitas anak melalui aplikasi “dukcapil dalam genggaman” dari 6 tipologi inovasi, hanya dimensi organisasional pada tipologi proses (organisasional) sistemik yang tidak memenuhi. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya perubahan pada struktur organisasi dari dinas. Pada inovasi sitemik, masih adanya kendala jaringan yang ditemukan pada penggunaan layanan. Adanya inovasi tersebut dapat mengatasi permasalahan sebelum inovasi ini diciptakan.

Keywords

e-Government, Dukcapil Dalam Genggaman, Inovasi, Kartu Identitas Anak

Full Text:

PDF

References

Andhika, L. R., Nurasa, H., Karlina, N., & Candradewini, C. 2018. Governance Innovation in Civil Registration Record in Indonesian Local Government. Pakistan Administrative Review, 2(2), 276-290. Retrieved April 1, 2019, from https://www.ssoar.info/ssoar/handle/document/58975.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 2017. Buku Profil Perkembangan Kependudukan Kota Surakarta Tahun 2017. Retrieved Desember 27, 2018, from dispendukcapil.surakarta.go.id: http://dispendukcapil.surakarta.go.id/20XIV/index.php/en/2014-05-21-04-43-06/2017-08-02-12-38-23/buku-profil-perkembangan-kependudukan-kota-surakarta-tahun-2017.

Kumar, R., Sachan, A., & Mukherjee, A. 2017. Qualitative approach to determine user experience of e-government. Computers in Human Behavior, 71, 299-306. doi:https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.02.023.

Mindarti, L. I., & Juniar, A. P. 2018. Inovasi Layanan Kesehatan Berbasis E-Government (Studi Pada Puskesmas Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang). JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 3(1), 19-27. Retrieved Oktober 15, 2019, from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpsi/article/view/4130/2300.

Mulyono, E. 2013. Pengaruh Teknologi Informasi terhadap pengelolaan Administrasi Kepenudukan Di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan SipilKabupaten Berau. eJournal Ilmu Pemerintahan, 1(1), 374-384. Retrieved November 10, 2018, from https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/03/e_jurnal%20eko%20-%20pdf%20(03-04-13-05-26-35).pdf.

Nugraha, T. J. 2019. E-Government dan pelayanan publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government di Pemerintah Kabupaten Sleman). Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 2(1), 32-42. Retrieved from http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/758.

Ombudsman Republik Indonesia. 2017. Produk Ombudsman (Laporan). Retrieved Oktober 25, 2018, from Ombudsman Republik Indonesia: https://www.ombudsman.go.id/produk/lihat/234/SUB_LT_5a1ea951d55c4_file_20190416_161242.pdf.

Pratama, Y. I., & Fanida, E. H. 2018. Inovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Dinoyo (Sakdino) Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Publika, 6(9). Retrieved Januari 3, 2019, from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/26751.

Perry, K. A. 2010. Innovation in the 'Public Sector' : putting it into Perspective. Denmark: Department of Communication, Business and Information Technologies: Roskilde University/Center for Communication, Media and Information Technologies: Aalborg University. Retrieved Juli 7, 2019, from www.ucviden.dk: https://www.ucviden.dk/portal/en/publications/innovation-in-the-public-sector(b8e7d375-682d-4967-aaa5-66c5cb12c241).html.

Putri, E. K., & Pambudi, A. 2018. Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran melalui Egovernment di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta. Ilmu Administrasi Negara, 6(1), 69-84. Retrieved Oktober 15, 2019, from https://journal.uny.ac.id/index.php/natapraja/article/view/20740/pdf.

Sá, F., Rocha, Á., & Cota, M. P. 2016. Potential dimensions for a local e-Government services quality. Telematics and Informatics, 3(2), 270-276. doi:https://doi.org/10.1016/j.tele.2015.08.005.

Suwarno, Y. (2008). Inovasi Di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.

Utomo, T. W. 2014. Inovasi Pelayanan Publik (Berdasarkan Peraturan Menpan dan RB No. 30/2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik, serta Kebutuhan Inovasi LAN). Retrieved from www.inovasi.lan.go.id: http://inovasi.lan.go.id/uploads/download/1420436556_7.-Inovasi-Pelayanan-Publik-by-Tri-Widodo-WU.pdf.