Pengaruh Etika Birokrasi dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Kantor Camat di Kota Bitung


Michel Potolau(1*),


(1) Universitas Sariputra Indonesia Tomohon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Etika Birokrasi secara langsung dan tidak langsung terhadap Kualitas Pelayanan Publik, pengaruh Kinerja Pegawai secara langsung dan tidak langsung terhadap Kualitas Pelayanan Publik, pengaruh secara simultan Etika Birokrasi dan Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Analisis data yang digunakan yaitu path analisis: Y = ρyx1 X1 + ρyx2 X2 + ρy є. Hasil analisis data: nilai signifikan Etika Birokrasi sebesar 0.021<0.05, nilai signifikan Kinerja Pegawai sebesar 0.02<0.05, dan nilai signifikan Etika Birokrasi dan Kinerja Pegawai sebesar 0.001<0.05, R square 0.284 (28.4%), hasil analisis path: pengaruh langsung X1 terhadap Y sebesar 0.104 (10.4%), pengaruh tidak langsung X1 terhadap Y melalui X2 sebesar 0.036 (3.6%), pengaruh langsung X2 terhadap Y sebesar 0.104 (10.4%), pengaruh tidak langsung X2 terhadap Y melalui X1 sebesar 0.036 (3.6%) dan pengaruh variabel lain terhadap Y sebesar 0.715 (71.5%). Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh Etika Birokrasi (X1) terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Y), terdapat pengaruh Kinerja Pegawai (X2) terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Y), secara bersama-sama Etika Birokrasi (X1) dan Kinerja Pegawai (X2) berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Y).


Keywords


Etika, Kinerja, Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Bisri, M. H., & Asmoro, B. T. (2019). Etika Pelayanan Publik di Indonesia. Journal of Governance Innovation, 1(1), 59–76. https://doi.org/10.36636/jogiv.v1i1.298

Djabbar, I., & Baso, S. (2019). Pengembangan Usaha Kecil & Menengah (UKM) Di Kabupaten Kolaka Utara. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2), 116. https://doi.org/10.31289/publika.v7i2.2974

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pai, F.P. Pangkey, M.S. & Tampi, G. . (2016). PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT MALALAYANG KOTA MANADO Faisal Putra Pai Masje Pangkey. Jurnal Administrasi Publik, 1(36), 1–11.

Pasolong, H. (2011). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Sasti, E.W. Samin, R. & Noryadi, E. (2015). Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada kantor camat kundur kabupaten karimun (Universitas Maritim Raja Ali). Retrieved from http://jurnal.umrah.ac.id/?p=3479

Sinambela, L. . (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Akasara.

Sugiono. (2001). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supit, T.J. Tampi, J.R. & Londa, V. . (2015). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Tomohon. Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan, 1(17), 1–15.

Susanti, A., Kusmanto, H., & Tarigan, U. (2018). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 6(1), 47–57.




DOI: https://doi.org/10.31289/publika.v7i2.3078

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.