Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah bagian dari aparatur pemerintah merupakan aset dari Dinas untuk meningkatkan kualitas yang sebenarnya dapat melaksanakan tugas dan fungsi yang efisien dan efektif. Etika administrasi bagi aparat cukup berperan sebagai pedoman dalam penerapan moralitas pada rangkaian dan proses kegiatan pelayanan dalam organisasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya faktor yang mempengaruhi etika pekerja dengan peningkatan pegawai sumber daya manusia di Kantor Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 orang, sehingga dalam penarikan sampel peneliti menggunakan metode sensus yaitu dengan menjadikan semua populasi sebagai sampel penelitian dikarenakan jumlah populasi yang terlalu sedikit. Tehnik analisis yang digunakan adalah statistik infrensial atau menggunakan rumus- rumus pehitungan statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari perhitungan  uji korelasi yang dilakukan terdapat hubungan antara variabel etika pegawai dengan peningkatan pelayanan aktor Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kecamatan Percut Sei Tuan.
Kata Kunci: Etika, Pelayanan, Administrasi
Dwiyanto, A., dkk. (2012). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia,: Gadjah Mada University Prees. Yogyakarta
Hartanto ,D. (2019). Kajian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Kepolisian Resort Kota Besar Medan. Jurnal PUBLIKAUMA, Vol. 7, No. (2)
Henrikus Waruwu, Beby Masitho. (2016). Efektivitas Pelayanan Paspor Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Jurnal PUBLIKAUMA, Vol. 6 No. 2.
Kumorotomo. (2010). Etika Administrasi Negara. Jakrta: Rajawali Pers
Mahmudi. (2019). Buku Seri Membudayakan akuntabilitas Publik, Analisa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Moenir. (2010). Moenir, 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Bumi Aksara : Jakarta
Muh. Kadarisman.(2018). Manajemen Aparatur Sipil Negara. Depok: Rajawali Pers, PT. Grafindo Persada
Mulyadi, D. Handikus T.Gedeona, Muhammad Nur Afandi. (2016). Administrasi Publik untuk Pelayanan Publik, Bandung, Penerbit Alfabeta,
Rakhmat. (2017). Administrasi dan Akuntabilitas Publik, Konsep Administrasi, Birokrasi, Manajemen Pelayanan, Kebijakan, Reformasi, Akuntabilitas Publik, Yogyakarta: Penerbit Andi
Sarwoto. (2015). Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia
Sinungan, M. (2009). Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bina Aksara
Sofian Effendi. (2008). Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kualitatif, untuk penelitian yang bersifat eksploratif, Enterpretif, interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta
Tarsito. Widjaja, A. W, (2011). Etika Administrasi, Jakarta: Bumi aksara
Widjaja, A. (2009). Perencanaan Sebagai Fungsi Manajemen. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta
Yusriadi. (2018). Tantangan Reformasi Birokrasi berbasis E-Procurement di Indonesia, Jurnal PUBLIKAUMA, Vol. 6 No. 2.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The UMA Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research.