Pengawasan Pelayanan Publik oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat
Authors
Jayanti Armida Sari , Mary Ismowati , Nur Sukmawati , Nur Ambia ArmaDOI:
10.31289/publika.v10i2.7886Published:
2022-12-12Issue:
Vol. 10 No. 2 (2022): PUBLIKAUMA, DESEMBER 2022Keywords:
Controlling, Supervision, Ombudsman, maladministrationAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang peran Ombudsman RI perwakilan Sumatera Barat dalam konteks pengawasan pelayanan publik di seluruh kota dan kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kajian pustaka. Informasi diperoleh dari situs resmi Ombudsman Indonesia, artikel akademik dan sumber lain yang dianggap relevan. Berdasarkan uraian tersebut disimpulkan bahwa pengawasan terhadap pelayanan publik oleh perwakilan Ombudsman RI di Provinsi Sumatera Barat sudah cukup baik, meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala. Kesimpulan diambil dari aspek preventif, represif dan pelayanan umum dari pengawasan ombudsman. Hasil tersebut disimpulkan dari penilaian kinerja dan tanggung jawab perwakilan Ombudsman dalam pengawasan pelayanan publik di Sumatera Barat, Indonesia. Di Provinsi Sumatera Barat, hanya ada dua kabupaten yang memiliki zona hijau, yaitu Payakumbuh dan Dharmasraya. Lebih lanjut, 15 kabupaten dan kota di Sumatera Barat, termasuk Kota Padang, juga mendapat kategori pelayanan publik kuning. Lima Puluh Kota dan Mentawai kini terdaftar sebagai zona merah untuk pelayanan publik.
References
Anas, A. (2020). Analisis pengawasan ombudsman dalam penyelenggaraan pelayanan publik di kalimantan timur. Ejournal Ilmu Pemerintahan, 8(3), 847–860.
Ariany, R. Y. (2020). Awas-mengawasi dalam pelayanan publik. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--awas-mengawasi-dalam-pelayanan-publik
Batalli, M. (2015). Role of Ombudsman Institution Over the Administration. SSRN Electronic Journal, January 2015. https://doi.org/10.2139/ssrn.2699061
Devi, I., Adiyanta, F. C. S., & Sa’adah, N. (2021). Implementation of Good Governance Ombudsman Recommendations. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology in Administration and Management Information, ICSTIAMI 2019. https://doi.org/10.4108/eai.17-7-2019.2303010
Elcaputera, A. (2021). Kewenangan pengawasan pemerintah provinsi terhadap penyelenggaraan pemerintahan kabupaten/kota berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Al-Imarah: Jurnal Pemerintahan Dan Politik Islam, 6(1), 22–38.
Godjali, M. R., Utami, W. K., & Ramadhan, G. (2021). Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui Model Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Berbasis Transparansi Dan Partisipasi Warga Pada Kantor Desa
Sindangsari Dan Desa Pasir Karag. Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 9–21. https://doi.org/10.31506/komunitas:jpkm.v1i1.11665
Habibillah, F., & Magriasti, L. (2022). Efektivitas Peran Ombudsman Ri Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Dalam Pengawasan Pelayanan Publik Pada Kantor Pertanahan Kota Padang. 6(2), 3835–3844. https://doi.org/10.36312/ jisip.v6i1.3009
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.
Hartini, E. (2013). Pelaksanaan pengawasan fungsional dalam rangka optimalisasi kerja di inspektorat daerah kabupaten Kutai Barat. Jurnal Administrasi Reform, 1(1), 40–60.
Huda, J. B. R. T. O. (2021). Memahani kapasitas ombudsman sebagai lembaga pengawas pelayanan publik. https://ombudsman.go.id/artikel/r/pwkinternal--memahani-kapasitas-ombudsman-sebagai-lembaga-pengawas-pelayanan-publik
Ispriyarso, B., & Badriyah, S. M. (2021). Improving the Role of Ombudsman as a Monitoring Institution of Public Organization in Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Law, Economic, Governance, ICOLEG 2021. https://doi.org/10.4108/eai.29-6-2021.2312598
Memeti, I. (2022). The role of the Ombudsman in the promotion and. Journal for Peacebuilding and Transcultural Communication, 2(3/4), 21–27.
Ombudsman Republik Indonesia. (2021). Ringkasan Eksekutif: Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021. https://ombudsman.go.id/produk/lihat/655/LP_file_20220110_175048.pdf
Ombudsman Republik Indonesia. (2022). Ombudsman Sumbar Terima 88 Laporan, Pemerintah Daerah Paling Banyak Diadukan. https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwkmedia--ombudsman-sumbar-terima-88-laporan-pemerintah-daerah-paling-banyak-diadukan
Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat. (2022). Kepatuhan pelayanan publik, Sumbar berada di zona kuning. https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwkmedia--kepatuhan-pelayanan-publik-sumbar-berada-di-zona-kuning
Saputra, I. G. A. B. E. S. (2020). Pengaruh penganggaran berbasis kinerja , pengawasan preventif dan pengawasan detektif terhadap efektivitas pengendalian anggaran. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 12(02), 373–382.
Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borneo_humaniora/article/view/2249
Sururahma, R. R. A. (2020). Pengawasan pemerintahan. Cendekia Press. http://eprints.ipdn.ac.id/6065/1/Buku Pengawasan Pemerintahan.pdf
License
Copyright (c) 2022 Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).