Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa

Autor(s): Dewi Kurniawati, Nugraha Arifin
DOI: 10.31289/simbollika.v1i2.200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi komunikasi pemasaran Brodo Footwear di Instagram dan minat beli mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU). Dengan menggunakan teknik stratified propotional dan purposive sampling, sampel dalam penelitian ini adalah 95 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan tahun 2012 dan 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui dua cara, yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Responden mengisi kuesioner yang terdiri dari 20 pertanyaan berkaitan dengan variabel yang diukur. Analisis data menggunakan tabel tunggal, analisis tabel silang dan uji hipotesis Spearman. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang rendah tetapi pasti antara strategi pemasaran Brodo Footweardan minat beli mahasiswa di FISIP Universitas Sumatera Utara.

 

 


Keywords

komunikasi pemasaran, sosial media, minat beli

Full Text:

PDF

References

Alma, B. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaranjasa. Bandung: CV Alfabeta.

Bungin, B. (2001). Metode Penelitian Sosial.Sidoarjo:Airlangga.

Danandjaja. (2011). Peranan Humas dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Effendy, O.U. (1999). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Evans, D. (2008). Social Media Marketing An Hour A Day. Canada: Wiley Publishing Inc.

Gurnelius, S. (2011). 30-minute Sosial Media Marketing. USA: McGraw-Hill Co.

Jefkins, F. (1995). Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Kholil, S. (2006). Metodologi Penelitian. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.

Santoso, D.H., (2015), Media dan Politik: Pertarungan Ruang & Kuasa Media Menjelang Pemilihan Presiden, Jurnal Simbolika, 1 (1): 1-5

Juditha, C., (2015), Gender dan Seksualitas dalam Konstruksi Media Massa, Jurnal Simbolika, 1 (1): 6-15

Ayun, P.Q., (2015), Sensualitas dan Tubuh Perempuan dalam Film-film Horor di Indonesia (Kajian Ekonomi Politik Media), Jurnal Simbolika, 1 (1): 16-22

Dharmawan, A., (2015), Kritik Netizen Terhadap Nekrokultura Media Mainstream (Studi Demokrasi Partisipan Weblog Kompasiana), Jurnal Simbolika, 1 (1): 23-33

Utari, N.P. dan Nina S.S.S, (2015), Pemaknaan Penggunaan Jilbab Syar’i diKalangan Mahasiswa Psikologi (Studi pada Forum Mahasiswa Islam Psikologi (FORMASI) Ar-Ruuh, Universitas Medan Area), Jurnal Simbolika, 1 (1): 62-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.