Iklan di Televisi dan Keputusan Membeli Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara


Rosida Zulsufiyani(1*), Rusni Jafar(2),


(1) Universitas Sumatera Utara
(2) Universitas Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract



Penelitian ini melihat hubungan anatara iklan produk Maybeline di televisi dan keputusan membeli mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Sumatera Utara (USU). Dalam penelitian ini, keputusan membeli dijelaskan dengan teori AIDDA, yaitu attention (perhatian), interest (minat), desire (keinginan), decision (keputusan) dan action (tindakan). Sampel dalam penelitian ini didapatkan dengan teknik total sampling, yaitu 79 reseponden yang merupakan mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi USU stambuk 2011. Data diperoleh dari kuisioner berisi pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Data dianalisis dengan tabel tunggal, analisis tabel silang dan uji hipotesis Spearman. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara iklan produk Maybeline di televisi dengan keputusan membeli mahasiswa. Hasil uji hipotesis Spearman (r=0,815) menunjukkan terdapatnya hubungan yang kuat dan tinggi antara kedua variabel.


 


Keywords


iklan Maybeline, keputusan membeli, korelasi, teori advertising, teori AIDDA

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

-------------------------. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group

---------------------------. (tidak ada tahun). Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta: Kencana.

---------------------------. (2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jefkins, F. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Kasali, R. (1993). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

-------------------------. (1995). Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Gravity.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Prehallindo.

Morissan, A.C. (2009). Teori Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyana, E. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Penghantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2002). Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

----------------------. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santoso, D.H., (2015), Media dan Politik: Pertarungan Ruang & Kuasa Media Menjelang Pemilihan Presiden, Jurnal Simbolika, 1 (1): 1-5

Juditha, C., (2015), Gender dan Seksualitas dalam Konstruksi Media Massa, Jurnal Simbolika, 1 (1): 6-15

Ayun, P.Q., (2015), Sensualitas dan Tubuh Perempuan dalam Film-film Horor di Indonesia (Kajian Ekonomi Politik Media), Jurnal Simbolika, 1 (1): 16-22

Dharmawan, A., (2015), Kritik Netizen Terhadap Nekrokultura Media Mainstream (Studi Demokrasi Partisipan Weblog Kompasiana), Jurnal Simbolika, 1 (1): 23-33

Shimp, A.T. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sumarwan, Ujang dkk. (2013). Pemasaran Strategic. Bogor: IPB Press.

Swasta, B. (2000). Asas-Asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Morrisan, M.A. (2010), Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kurniawati, D. dan Christian A.G.S., (2015), Iklan Manulife dan Brand Awareness (Studi Korelasional Analisis Iklan Manulife terhadap Brand Awareness Nasabah PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia di Kota Medan), Jurnal Simbolika, 1 (1): 34-50




DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v1i2.206

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area