Komunikasi Kelompok Pada Kelompok Srikandi Khayangan dalam Mewujudkan Kemandirian Sebagai Mitra Binaan PT. Pertamina EP. Pangkalan Susu

Autor(s): Victorio Chatra Primantara
DOI: 10.31289/simbollika.v2i1.220

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menggunakan Teori Konstruksi Sosial, Komunikasi Kelompok Kecil, Saluran Komunikasi dalam Kelompok, Teori Perkembangan Kelompok Tuckman dan Kemandirian. Tujuannya adalah untuk mengetahui makna kelompok bagi setiap anggota, faktor yang melatarbelakangi anggota bergabung dalam kelompok serta efektivitas komunikasi antara anggota dengan ketua dalam mendukung kemandirian kelompok. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah sebanyak enam orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi partisipasi, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui tiga kegiatan yang bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi hambatan komunikasi antara anggota dan ketua terdahulu karena beberapa hal seperti tertutup dari informasi, kurangnya kejujuran dan tidak terbuka terhadap permasalahan yang terjadi. Perubahan dalam kelompok terjadi dengan adanya pemilihan ketua baru, diskusi dua arah, komunikasi yang lebih sehat dan lebih terbuka sehingga tujuan awal kelompok ini menjadi jelas. Banyaknya kebijakan dan peraturan yang dibuat secara bersamaan sebagai panduan anggota untuk menghantarkan kelompok kepada jalur yang benar yaitu menjadi kelompok pemberdayaan yang mandiri.

 

 

 

Keywords

kelompok kecil, perkembangan kelompok, komunikasi kelompok, mitra binaan

Full Text:

PDF

References

Basri, Hasan. (2004). Remaja Berkualitas : Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bungin, Burhan. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

_________. (2008). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

___________. (2010). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

_____________. (2011). Konstruksi Sosial Media Massa : Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen serta Kritik terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckman. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Berger, Peter L. & Thomas, Luckmann. (1966). The Social Construction of Reality: A Treatise in The Sociology of Knowledge. (Bahari, Hasan, Terjemahan, 1990, Tafsir Sosial Atas Kenyataan: Sebuah Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan). Jakarta: LP3ES.

Devito, Joseph A. (1997). Komunikasi Antarmanusia. Edisi kelima. Jakarta: Profesional Books.

Gurning, Fina Pratini., Hadisiwi, Purwanti., Widyowati, Weny. (2012). Komunikasi Kelompok pada Komunitas Kompas MuDA. eJurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran Vol. 1.

Hadipranata, Asep dkk. (2000). Peran Psikologi di Indonesia. Yogyakarta : Yayasan Pembina Fakultas Psikologi.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Dedi. (2010). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Novitayani (2014). Warung Kopi Sebagai Sarana Komunikasi Dan Sumber Informasi Bagi Profesi Wartawan. Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara, Medan. Diakses tanggal 26 Agustus 2015 dari http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/45982

Ritzer, George. (2009). Sosiologi: Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Rajawali Pers.

Rudito, Bambang & Famiola, Melia. (2013). CSR (Corporate Social Responsibility). Bandung: Rekayasa Sains.

Sari, Yolanda (2009). Komunikasi Kelompok Kecil Murrabi dan Binaannya dalam Menanamkan Sikap Taat (Studi Kasus tentang Peranan Komunikasi Kelompok Kecil Murrabi dan Binaannya dalam Menanamkan Sikap Taat pada Anggota Halaqoh Kader Partai Keadilan Sejahtera) Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Medan. Diakses pada 23 Februari 2015 dari http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/25369

Sujak, A. 2014. Kepemimpinan Manajer (Eksistensinya dalam Perilaku Organisasi). Jakarta: Rajawali Press.

Susanto, A.B. (2007). Corporate Social Responsibility. Jakarta: The Jakarta Consulting Group Partner In Change.

Tuckman, B. W., (1984). Developmental sequence in small groups. Maryland : Naval Medical Research Institute.

Tuckman, B. W., Jensen, Mary Ann C. (1977). ‘Stages of small group development revitised’ Group and Organizational Studies. Abi/Inform : Global.

Wibisono. (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Gresik: Fascho Publishing.

Zakiyah, Darajat. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.