Fenomena Sensasi di Media Sosial dan Dampaknya terhadap Perilaku Remaja


Nurhanifah Nurhanifah(1),


(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract


Fenomena sensasi memberikan kepuasan tersendiri kepada pengguna karena mendapatkan respon dari viewers dalam memberikan rasa candu bagi pengguna media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena sensasi di media sosial dan dampaknya terhadap perilaku remaja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Hasil yang peneliti peroleh bahwa penggunaan media sosial oleh remaja dapat mempengaruhi perilaku remaja dengan rincian waktu penggunaan media sosial berkisar antara 3 sampai dengan 10 jam termasuk didalamnya melakukan berbagai sensasi di media seperti mengupload foto dan memasukkan konten video. Kesimpulan peneliti peroleh bahwa penggunaan media sosial oleh remaja dapat mempengaruhi perilaku remaja. Penggunaan media sosial tidak hanya sekedar berbagi informasi namun sekarang sudah merambah kepada mengumbar sensasi. Sisi lain memberikan kepuasan tersendiri kepada pengguna karena mendapatkan respon dari viewers sehingga sangat rentan terhadap fenomena sensasi adalah usia antara 18-21 tahun.


Keywords


Sensations, Social Media, Behavior, Youth

Full Text:

PDF

References


Fazel M. Farimani, , Seyed Reza Mirnezami, Ali Maleki. (2019). A Gas Cartel in the Global Market? Hype or Reality. International Journal of Energy Economics and Policy, , 9(6), 296-304.

Alberto,P.A & Troutman, A.C. 2009. Aplikasi Analisis Behavioral Untuk Guru, Ohio: Colombus

Popescu, G. (2014). Human behavior, from psychology to a transdisciplinary insight. ScienceDirect, - Social and Behavioral Sciences 128 ( 2014 ) 442 – 446

Rice, L.J. &. Rice, S.B. (2015). The Applicability Of The Seci Model To Multiorganisational Endeavours: An Integrative Review. The Applicability of the SECI Model to Multi-Organisational ndeavours: An Integrative Review.

Melani, A. & Andrew, A. (2017). Social Media and Academic Performance of Undergraduate Students. International Journal of Research. Volume 04 Issue14, 1-15.

W.Akram & R.Kumar. (2017). A Study on Positive and Negative Effects of Social Media on Society. International Journal of Computer Sciences and Engineering, Volume-5, Issue-10, 1-9.

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. (2005). Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press.

Moleong, L. J., (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pawar, T& Shah, J. (2019). The Relationship Between Social Media Addiction, SelfEsteem, Sensation Seeking and Boredom among College students. Indian Journal of Mental Health, 6(4), 1-7.

Sholeh. (2020). Hubungan Antara Sensation Seeking Dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Remaja Di Kota Surabaya. Skripsi. Prodi Psikologi Fakultas Psikologi Dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Koutamanis, M., Vossen, H. G. M., & Valkenburg, P. M. (2015). Adolescents’ comments in social media: Why do adolescents receive negative feedback and who is most at risk? Computers in Human Behavior, 53, 486-494. doi: 10.1016/j.chb.2015.07.016




DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i2.5013

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area