Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna penggunaan hijab syar’i pada mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area, khususnya pada organisasi Forum Mahasiswa Islam (Formasi) Psikologi Ar-Ruuh, untuk mengetahun konsep diri yang terbentuk pada mahasiswa yang memakai hijab syar’i dan pendapat orang lain tentang mahasiswa yang menggunakan hijab syar’i. Penelitian ini adalah penelitan kualitatif. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi lapangan, telaah pustaka, wawancara dengan responden dan informan dengan menggunakan analisa semiotik. Hasil riset menunjukkan bahwa pengguna hijab syar’i menganggap bahwa hijab sebagai pelindung dari tatapan laki-laki yang bukan muhrim. Secara tidak langsung, mengajarkan kepada perempuan muslim lainnya kebaikan dan kegunaan dari menggunakan hijab. Selanjutnya, konsep diri dari penggunan hijab syar’i terbentuk dengan belajar dari lingkungan. Pelajaran dan pengalaman yang didapat membuat konsep diri yang lebih baik.
Effendy, O. U. 2007. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Fajardianie, D. 2012. Komodifikasi Jilbab Se-bagai Gaya Hidup dalam Majalah Muslimah (Analisis Semiotika Pada Rubrik Mode Majalah Noor). Skripsi (Tidak Diterbitkan). Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI.
Fisher, B. A. 1990. Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fitri, I, dan N. Khasanah. 2013 Kekeliruan dalam Berjilbab. Jakarta: Al-Maghfiroh.
Guindi, F. E. 2005. Jilbab: Antara Kesalehan, Kesopanan dan Perlawanan. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Haryadi, F. 2013. Muslimah dan Jilbab yang Syar’i. Ar-Rayyan Media Dakwah Generasi Mu-da. http://mediadakwahislam-arrayyan.blogspot.com/2013/02/muslimah-dan-jilbab-yang-syari.html, diakses pada15 Oktober 2013.
Herdiansyah, H. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta Selatan : Salemba Humanika.
Keliat, B. A. 1992. Gangguan Konsep Diri. Ja-karta : EGC.
Moleong, L. J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. 2007. Ilmu Komunikasi Sebagai Pengantar. Bandung: Rosda.
Poerwandari, E. K. 2001. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Lembaga Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.
Rakhmat, J. 2007. Psikologi Komunikasi. Ban-dung: Remaja Rosdakarya.
Rayi, P. 2012. Pola Komunikasi dalam Pemben-tukan Identitas Diri (Studi Kasus Pola Komu-nikasi Kelompok Hijabers Dalam Pembentukan Identitas Muslimah di Yogyakarta). Skripsi(Tidak Diterbitkan). Surakarta: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNS.
Rini, 2002:http:/www.e-psikologi.com/dewa/160502.htm
Siddiq, Y. 2007. Tampil Gaya dengan Jilbab. Jakarta: Transmedia.
Sofi, H. 2012. Teori Semiotika Charles Sanders Peirce. Surabaya: Universitas Airlangga. http://shofiyah---fib09.web.unair.ac.id/artikel_detail-61891-Semi-otikaTeori%20Semiotika%20Charles%20Sanders%20Peirce. html, diakses pada13 November 2013.
Sukmahadi. 2012. Apakah Jilbabku Jilbab Syar’i? Dakwatuna. http://www.dakwatuna.com/2012/03/22/19080/apakah-jilbabku-jilbab-syari/#ixzz2vpCHGxS3, di-akses pada 28 Februari 2014].
Wibowo, I. S.W. 2013. Semiotika Komunikasi – Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi: Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Me-dia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The UMA Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research.