Analisis Percakapan Komunikasi dalam Menentukan Keberhasilan Pesan


Taufik Wal Hidayat(1),


(1) Universitas Medan Area

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis percakapan komunikasi dalam menentukan keberhasilan pesan yang disampaikan komunikator dan komunikan. Interaksi terjadi tidak hanya semata-mata pertemuan secara face to face atau tatap muka. Media sosial merupakan sebuah media online dalam pergaulan komunikasi di dunia maya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan mengambil berbagai sumber dari buku referensi, jurnal-jurnal dan artikel. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Sosok komunikator dan integritas pribadi yang baik, dibarengi penyampaian dan perilaku yang baik, dalam percakapan di media daring akan sangat menentukan pesan tersebut sampai dan sesuai tujuan. Pendekatan rasional dan pengelolaan makna yang tepat, akan semakin memudahkan interaksi terjadi sedangkan penyampaian secara rasional dan tidak bersinggungan dengan norma yang ada menjadikan komunikasi efektif. Kesimpulan mendapati bahwa Percakapan dalam media sosial telah merubah tatanan pergaulan manusia. Masyarakat bisa menjelajah setiap ruang dan waktu yang tanpa batas melalui media baru (internet). Munculnya media daring, memungkinkan seseorang atau kelompok melakukan pembicaraan atau percakapan, berpartisipai, berbagi, dan menciptakan jejaring komunikasi secara online


Keywords


Conversation Analysis; Messages; Social Media

Full Text:

PDF

References


Barus, R.K.I.., (2015), Pemberdayaan Perempuan melalui Media Sosial, Jurnal Simbolika: Research and Learning in Comunication Study, 1 (2): 118-128

Barus, R.P. Barus, R. (2019). Komunikasi Antarbudaya pada Komunitas Aron di Berastagi. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Comunication Study, 5 (2): 118-131

Cangara Hafied, (2014).Pengantar Ilmu Komunikasi, RajaGrafindo, Jakarta

Dewi K, dan Nugraha A., (2015), Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa, Jurnal Simbolika: Research and Learning in Comunication Study, .1 (2): 198-215

Effendy, Onong, (1993). Komunikasi dan Praktek. Bandung, Remaja Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo. Rosdakarya.

Faisal, M., (2016), Hubungan Budaya Komunikasi Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Langkat Jurnal Simbolika: Research and Learning in Comunication Study. 2 (2): 167-180

Hidayat, T.W.H., (2015), Analisis Berita Kesehatan di Media Massa terhadap Pelayanan Publik, Jurnal Simbolika: Research and Learning in Comunication Study, 1 (2): 142-157

Junaedi Fajar. (2019). Etika Komunikasi di Era Siber, Teori dan Praktik, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Kholil Syukur. (2007). Komunikasi Islam, Cipta Pustaka Media, Bandung. Liliweri Alo. (2014). Sosiologi & Komunikasi Organisasi, Bumi Aksara, Jakarta.

Kurniawati, D. (2017). Dampak Ketergantungan Remaja terhadap Media Sosial dan Upaya Mengantisipasi, Jurnal Simbolika: Research and Learning in Comunication Study. 3(1): 11-21

Littlejon W Stephen & Foss A Karen. (2010). Teori Komunikasi Theories of Human Communication, Salemba Humanika.

Mahmud. (2012). Etika Komunikasi Islam, CV Pustaka Setia, Bandung.

Nurudin. (2018). Perkembangan Teknologi Komunnikasi, Rajawali Pers, Depok, Onong U Effendy. (2013). Dinamika Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rakhmat Jalaluddin. (2011). Psikologi Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Roudhonah. (2019). Ilmu Komunikasi, Rajawali Pers, Depok.

Sari, A.A. & Syaifullah, J. (2019). Perilaku Komunikasi Organisasi dalam Sosialisasi Program Kerja di Desa Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar . Jurnal Simbolika: Research and Learning in Comunication Study, 5 (2): 132-144

Sudarma Momon. (2014). Sosiologi Komunikasi, Mitra Wacana Media, Jakarta,

Zulsufiyani, R., dan Rusni, (2015), Iklan di Televisi dan Keputusan Membeli Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara, Jurnal Simbolika: Research and Learning in Comunication Study, 1 (2): 129-141




DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i2.5632

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area