Internalisasi Makna Komunikasi Gerakan Tari Guel Sanggar Sekolah Menengah Pertama Swasta Budi Dharma


Subhan AB(1), Hasan Basri(2),


(1) Universitas Gajah Putih
(2) Universitas Gajah Putih

Abstract


Internalisasi makna komunikasi dalam gerakan tari guel pada sanggar tari Sekolah Menengah Pertama Swasta Budi Dharma di Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui internalisasi makna komunikasi yang apa pada gerakan tari guel. Metode yang digunakan adalah metode deskrptif dan jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pemasukan makna komunikasi yang disampaikan melalui gerakan-gerakan yang ada dalam tari guel. Makna komunkasi dalam tari guel disampaikan melalui gerakan dimulai dengan gerakan munatap, redep, ketibung, kepur nunguk, sengker kalang, seneng lintah dan yang terakhir adalah gerakan cicang nangka. Tari guel yang merupakan tarian asal Daerah Gayo merupakan gambaran sejarah dan wujud kebudayaan yang mengandung makna dalam tarian tersebut. Setiap gerakan mengadung makna tersendiri dan semoga tari guel akan terus dilestarikan oleh generasi penerus khususnya  pemuda Daerah Gayo. Kesimpulan yang diperoleh bahwa internalisasi makna komunikasi yang mempengaruhi sikap melalui gerakan tubuh pada saat menari tarian geul.


Keywords


Internalization; Meaning Communication; Guel Dance

Full Text:

PDF

References


Akbar. (2020). Analisis Makna Peribahasa Dalam Bahasa Konjho Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1), 93–95.

Ibrahim, M. (1986). Peranan Islam Melalui Adat Gayo Dalam Pembangunan Masyarakat Gayo. Takengon: Diselenggarakan oleh MUI Provinsi Aceh dan MUI Aceh Tengah.

Ibrahim, M. (2007). Mujahidin Dataran Tinggi Gayo. Takengon: Yayasan Maqamammahmuda.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Joesyiana, K. (2018). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OBSERVASI LAPANGAN (OUTDOR STUDY) PADA MATA KULIAH MANAJEMEN OPERASIONAL (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda). Pendidikan Dan Ekonomi Akuntansi, 6(2), 90–103. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/issue/view/228

Kalidjernih, F. K. (2010). Kamus Study Kewarganegaraan, Perspektif Sosiologikal dan Politikal. Bandung: Widya Aksara Press.

MS, I. (2015). “Makna” Dalam Komunikasi. Al-Hikmah, 9 (1), 18–29. https://doi.org/10.24260/al hikmah.v9i1.85

Muzaiyanah. (2015). Jenis Makna Dan Perubahan Makna. Wardah, 13(2), 145–152.

Oktavia, F. (2016). Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Desa Borneo Sejahtera Dengan Masyarakat Desa Long Lunuk. Ilmu Komunikasi, 4(1), 239–253. Retrieved from https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/03/Jurnal Fenny Oktavian (03-02-16-08-53-37).pdf

Putri Erdiyanti, Y. (2018). PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP ANAK BERPRESTASI AKADEMIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER YANG POSITIF DAN MINAT BELAJAR. Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan, 1(2).

sobur, alex. (2014). Ensiklopedia komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Suardeyasasri. (2010). metode penelitian kualitatif. Jakarta: PT Gramedia.

Suharsimi, A. (2011). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik /. Jakarta: Rineka Cipta.

Ulfa, N., Supadmi, T., Hartati, T., & Kuala, U. S. (2018). Analisis struktur tari guel. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah Volume III, Nomor 3:291-298 Agustus 2018, III, 291–298.

Wardani, W. (2019). Internalisasi Nilai dan Konsep Sosialisasi Budaya dalam Menjunjung Sikap Persatuan Masyarakat Desa Pancasila. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(2), 164. https://doi.org/10.31604/jips.v6i2.2019.164-174

Widyaningsih, T. S. (2014). the Internalization and Actualization of Character Values in the Students of Junior High Schools in Phenomenological Perspective, 181–195. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2658




DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i2.5833

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area