Analisis Yuridis Perjanjian Usaha Waralaba Berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata

Rina Suryana Nasution(1*),


(1) Universitas Al-Azhar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perkembangan usaha waralaba dan karakteristik bisnis waralaba, sehubungan dengan menjamurnya bisnis waralaba di Indonesia. Dari hasil penelitian diketahui bahwa bisnis waralaba masih belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai suatu usaha yang lebih menguntungkan dan relatif membutuhkan lebih sedikit modal dibandingkan jika harus memulai bisnis baru. Bisnis waralaba ini dapat segera dijalankan setelah disepakatinya perjanjian antara pihak pemilik hak waralaba dengan pemegang hak waralaba, dengan hak dan kewajiban tertentu yang diemban oleh masing-masing pihak, dengan berpedoman pada syarat-syarat perjanjian yang ditetapkan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia. Namun selain peraturan dasar perjanjian tersebut, peraturan perundang-undangan spesifik yang disediakan oleh Pemerintah sebagai payung hukum bagi berkembangnya bisnis waralaba ini masih relatif kurang memadai, sehingga banyak pengusaha yang masih merasa “takut” untuk memulai bisnis semacam ini, dan lebih memilih mengembangkan bisnisnya sendiri.


Keywords


Waralaba, Perjanjian, Pemilik Hak Waralaba, Pemegang Hak Waralaba

Full Text:

PDF

References


Fuady, M. (1997). Pembiayaan Perusahaan Masa Kini (Tinjauan Hukum Bisnis). Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Muhammad, A. (1997). Hukum Perikatan. Bandung: Alumni.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 tentang Waralaba

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 tentang Waralaba.

Poerwadarminta, W.J.S. (1991). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Soekanto, S. & Mamudji, S. (2009). Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat, Cetakan ke-11. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Subekti, R. & Tjitrosudibio, R. (1991). Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Jakarta: Pradnya Paramita.

Sumardi, J. (1995). Aspek-aspek Hukum Franchise dan Perusahaan Transnasional. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jiph.v5i2.2185

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

ISSN 2355-987X (Print) | ISSN 2622-061X (Online)