MEMANFAATKAN PANAS EXHAUST SEPEDA MOTOR SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK MEMAKAI THERMOELECTRIC

Faisal Irsan Pasaribu(1*), Indra Roza(2), Yuwanda Efendi(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(2) Universitas Harapan Medan
(3) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berdasarkan pengamatan pada umumnya sekitar 30% energi utama pada sepeda motor terbuang sebagai limbah panas melalui gas buang (exhaust), yang mana energi panas tersebut dapat dimanfaatkan untuk diubah menjadi sumber energi listrik menggunakan thermoelectric, alat ini dapat mengkonversi energi panas yang terbuang  menjadi sumber energi listrik yang dapat digunakan, disini juga peneliti menganalisa rangkaian yang paling optimal dalam menghasilkan output tegangan,arus listrik dan daya listrik, dan juga mempelajari perubahan temperatur suhu panas terhadap output yang dihasilkan. Variable bebas yang divariasikan yaitu jenis rangkaian, waktu pengambilan data pada siang dan malam juga nilai koefisien dari thermoelectric. Dari semua data dan juga pengamatan yang telah dilakukan, bahwa temperatur menjadi faktor yang sangat berpengaruh dalam menghasilkan output tegangan dan arus listrik, semakin besar gradien suhu (ΔT) yang dihasilkan, maka akan semakin besar nilai output pada thermoeletric. Pada rangkaian paralel daya yang dihasilkan lebih besar yaitu 19,24 Watt namun tegangan yang dihasilkan lebih kecil yaitu 1,743 Volt, sedangkan pada rangkaian seri daya listrik yang dihasilkan sebesar 13,51 Watt namun nilai tegangannya lebih besar yaitu 6,69 Volt, dan  nilai koefisien tertinggi pada penelitian ini yaitu sebesar 0,19977 V/K. Temperatur exhaust 90oC dengan enam peltier terangkai paralel direkomendasikan pada sepeda motor untuk mendapatkan daya listrik paling optimal.


Keywords


Thermoelectric, efek seebeck, temperatur, jenis rangkaian

Full Text:

PDF

References


J. Vazquez, M. a Sanz-Bobi, R. Palacios, and A. Arenas, “State of the art of thermoelectric generators based on heat recovered from the exhaust gases of automobiles,” 7th Eur. Work. Thermoelectr., vol. 17, 2002.

B. I. Ismail and W. H. Ahmed, “Thermoelectric Power Generation Using Waste - Heat Energy as an Alternative Green Technology,” Recent Patents Electr. Eng., vol. 2, pp. 27–39, 2009.

M. Setiawan, Andreas; Taryono; Ayub, “Prototipe Generator Termoelektrik Berbahan Bakar Gas the Design , Construction and Testing of a Gas-Fuelled Thermoelectric Generator Prototype,” vol. 11, no. 1, pp. 1–10, 2012.

A. Tri Fadhila, “Simki-Techsain Vol. 01 No. 01 Tahun 2017 ISSN : XXXX-XXXX,” Simki-Techsin, vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2017.

Y. Oktaviani and Astuti, “Sintesis Lapisan Tipis Semikonduktor Dengan Bahan Dasar Tembaga ( Cu ) Menggunakan Chemical Bath Deposition,” J. Fis. Unand Vol., vol. 3, no. 1, pp. 53–58, 2014.

M. Samsiana, Seta; Ilyas sikki, “Seta Samsiana & Muhammad Ilyas sikki Jurnal Imiah Teknik Mesin , Vol . 2 , No . 1 , Februari 2014 , Universitas Islam 45 , Bekasi,” vol. 2, no. 1, pp. 43–49, 2014.

N. Putra, R. A. Koestoer, M. Adhitya, A. Roekettino, and B. Trianto, “Potensi Pembangkit Daya Termoelektrik Untuk Kendaraan Hibrid,” Makara Teknol., vol. 13, no. 2, pp. 53–58, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jesce.v3i1.2787

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.